30 November 2013

[301113.ID.BIZ] Axioo & Polytron Bikin Smartphone 'Made in Indonesia'

Jakarta - Perusahaan pembuat komputer dan perangkatnya elektronika, Axioo kini merambah bisnis ponsel pintar (smartphone). Axioo telah memproduksi ponsel pintar made in Indonesia bulan lalu.

Langkah Axioo akan disusul oleh Polytron yang sebelumnya juga sudah merakit dan menjual ponsel di Indonesia.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kementerian Perindustrian Budi Darmadi mengatakan, Axioo memiliki dua pabrik pembuatan smartphone di Sunter dan Cakung, Jakarta.

"Ini era baru kita dalam membuat produksi HP (handphone) di Indonesia," kata Budi saat ditemui di kantor Kementerian Perindustrian, Senin (11/10/2013).

Sayangnya, Budi tidak menyebutkan berapa besaran investasi yang dikeluarkan oleh Axioo dalam membuat industri smartphone. Axioo sebelumnya pun telah membuat komputer buatan asli Indonesia meski komponennya masih diimpor.

"Dulu dia buat komputer, sekarang buat HP. Nanti ada label Made in Indonesia," katanya.

Budi mengatakan, hal itu merupakan titik tolak industri elektronika Indonesia dalam membuat smartphone. Rencananya tahun depan, perusahaan elektronika yang lain yaitu Polytron pun akan mulai produksi smartphone.

"Nanti bulan depan Polytron mulai. Kalau biasanya yang baru itu produksinya nggak banyak, 100.000 sebulan, kalau baru investasi itu," katanya.

Sumber : detikNet, 11.11.13.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar