25 November 2013

[251113.ID.BIZ] Apple Akuisisi PrimeSense Israel US$350 Juta

Bisnis.com, CALIFORNIA  - Apple Inc setuju mengakuisisi PrimeSense Ltd, produsen teknologi chip pelacak-gerak yang digunakan dalam konsol game Kinect Microsoft Corp.

Kristin Huguet, juru bicara Apple, mengonfirmasi pembelian itu Minggu (24/11/2013) melalui wawancara telepon. Apple dan PrimeSense, yang berbasis di Tel Aviv, menegosiasikan kesepakatan senilai US$350 juta, ungkap sumber yang mengetahui rencana itu pekan lalu.

“Apple membeli perusahaan-perusahaan teknologi lebih kecil dari waktu ke waktu, dan kami secara umum tidak mendiskusikan tujuan atau rencana kami,” kata Huguet.

Kesepakatan itu sesuai dengan pola Apple yang membeli perusahaan kurang terkenal yang punya teknologi untuk pengembangan produk masa depan.

Teknologi PrimeSense memungkinkan perangkat digital mendeteksi gerakan dan objek, kemudian menerjemahkannya menjadi kedalaman (depth) dan warna.

Apple, perusahaan teknologi terbesar dunia yang memproduksi iPhone dan iPad, tidak banyak menggunakan dananya yang mencapai US$146,8 miliar dalam bentuk tunai dan investasi untuk akuisisi besar.

Investor PrimeSense termasuk Canaan Partners, Silver Lake, Gemini Israel Funds dan Genesis Partners. Terkait dengan penggunaannya dalam gaming, PrimeSense sedang mengembangkan teknologi depth-sensing terbaru yang memungkinkan kamera 3D pada ponsel menjalankan app seperti perangkat navigasi indoor atau katalog belanja 3D.

PrimeSense juga menyatakan teknologinya bisa digunakan untuk mengukur kedalaman, memungkinkan seseorang mengambil foto ruang tamunya ke toko furnitur untuk menjajal apakah sebuah sofa cocok dengan ruangan itu.


Sumber : Bisnis Indonesia, 25.11.13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar