01 April 2014

[010414.ID.BIZ] 11 Tahun Belum Selesai, Pembangunan Jembatan Mahkota II Terus Berjalan

Bisnis.com, SAMARINDA -- Pembangunan Jembatan Mahakam Kota (Mahkota) II Samarinda yang memasuki tahun ke 11 masih terus dalam proses penyelesaian. Pekerjaan fisik yang sekarang ini dilakukan yakni pengecoran lantai jembatan dan diharapkan juga mendapat dukungan dari Pemprov Kaltim dan pemerintah pusat. 

"Kalau Pemerintah Kota Samarinda menyampaikan secara detail dan terukur penyelesaian jembatan Mahkota II diprediksi 2015 rampung, Pemprov Kaltim akan dukung pendanaan. Bahkan, di lapangan pembangunan fisik jembatan terus berjalan," ujar Wakil Walikota Samarinda Nusyirwan Ismail, Senin (31/3). Pembangunan jembatan Mahkota II Samarinda yang menghubungkan Kecamatan Samarinda Ilir dengan Kecamatan Palaran sempat terhambat karena pembangunan Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran. 

Pemasangan bentang tengah jembatan boleh dilaksanakan setelah peti kemas telah selesai. "Pemkot Samarinda kini terus berjuang untuk mendapat dukungan keuangan dari Pemprov Kaltim untuk pembangunan jembatan Mahkota II. Bahkan, pemerintah pusat mestinya membantu jembatan Mahkota II karena keuangan Pemkot Samarinda tidak bisa membiayai sendiri," jelas Nusyirwan. 

Jembatan Mahkota II diharapkan bisa selesai bersamaan dengan jembatan kembar yang kini dibangun berada disamping jembatan Mahakam. Dengan dua ada jembatan ini, diharapkan akses kendaraan antar kota Samarinda dan Samarinda Seberang lebih lancar dan tak lagi ada kemacetan. Tahap pertama pembangunan jembatan Mahkota II dimulai sejak 2002 dengan nilai kontrak Rp 353 miliar. Kemudian, dilanjutkan tahap II dengan nilai kontrak Rp229 miliar dengan keseluruhan total proyek Rp 582 miliar. Jembatan Mahkota II memiliki panjang 1.428 meter. 


Sumber : Bisnis Indonesia, 31.03.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar