10 April 2014

[100414.ID.SEA] Pelindo IV Investasi Rp1,2 Triliun Untuk Modernisasi Pelabuhan

Bisnis.com, SURABAYA-PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV menganggarkan investasi Rp1,2 triliun tahun ini guna memodernisasi pelabuhan beserta alat penunjangnya. 

Direktur Utama Pelindo IV Mulyono menguraikan investasi pada 2014 naik signifikan dibanding dengan investasi  2013 sebesar Rp520 miliar.

"Investasi itu semua untuk peningkatan fasilitas, membeli peralatan hingga perbaikan layanan," jelasnya di sela-sela pertemuan dengan perusahaan pelayaran di Surabaya, Kamis (27/3/2014).

Dana investasi, sambungnya, setengah di antaranya berasal dari kas internal dan sisanya perbankan. Meski demikian, perseroan mengkaji kemungkinkan obligasi bila dirasa perlu dukungan lebih.

"Kami sedang sedang menunggu rating untuk obligasi," imbuhnya.

Soal rencana pengembangan pelabuhan, Mulyono menguraikan sudah ada 2 alat crane kontainer yang datang dan hendak dipasang di Jayapura dan Bitung. Sedangkan sejumlah peralatan lain dijadwalkan mulai ditender tahun ini sehingga bisa dipasang tahun depan.

"Intinya kami pengembangan supply, jadi fasilitas disediakan dulu sehingga diharapkan bisa mendorong industrinya, terutama untuk arus kontainer dari Indonesia timur," tambahnya.

Mulyono menilai dengan penambahan alat sepanjang tahun ini arus peti kemas bisa naik 7% pada 2014 dibanding produksi tahun lalu sebesar 1,7 juta Teus.

Soal penambahan alat, Max K. Lumempouw, Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelindo IV, menggambarkan Pelabuhan Merauke akan dilengkapi 2 unit fix crane, Ternate dilengkapi 1 mobile crane. Penambahan alat juga dilakukan di Kendari, Manokwari serta Gorontalo.

"Tapi tambah crane ini tidak bisa setahun, setidaknya perlu dua tahun karena perlu kesiapan dermaga sebelum dipasang," urainya.


Sumber : Bisnis Indonesia, 27.03.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar