04 April 2014

[040414.ID.BIZ] Korban Kereta Malabar, Satu Terjepit di Toilet



TEMPO.CO, Jakarta -- Kereta api Malabar rute Bandung-Malang anjlok dan terguling di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat, 4 April 2014. (Baca: Malabar Masuk Jurang, Rute Lima Kereta Terganggu)

Menurut juru bicara Kementerian Perhubungan, Bambang Ervan, seorang penumpang ditemukan tewas. "Korban berjenis kelamin laki-laki ditemukan tewas di dalam kereta yang terguling," kata dia kepada Tempo.

Selain korban tewas, tim penyelamat menemukan seorang perempuan yang terjepit di toilet. Para penumpang kereta Malabar kini tengah dievakuasi oleh aparat gabungan dan warga setempat.

Bambang mengatakan penyebab anjloknya kereta Malabar masih diselidiki. Dugaan sementara, lokomotif anjlok diiringi empat gerbong yang keluar lintasan. "Saat ini gerbong yang keluar jalur dalam posisi melintang." (Baca: Kereta Malabar Masuk Jurang, Apa Penyebabnya?)

Menurut Bambang, kereta Malabar anjlok pada pukul 18.06 WIB. Kereta Malabar anjlok dan masuk jurang di Kilometer 244, antara Stasiun Cirahayu dan Ciawi. Lokomotif kereta masuk ke dalam jurang terlebih dulu, lalu diikuti empat gerbong di belakangnya.

Kereta Malabar adalah kereta ekspres yang melayani rute Bandung-Malang sejak April 2010. Kereta ini menempuh perjalanan sejauh 779 kilometer melalui beberapa stasiun, di antaranya Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Kebumen, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, dan Kediri. Kereta ini terdiri atas 3 gerbong kelas eksekutif, 2 kelas bisnis, 2 kelas ekonomi AC, 1 kereta makan, dan 2 kereta bagasi.

Sumber : Tempo, 04.04.14.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar