09 April 2014

[090414.ID.BIZ] Pariwisata Indonesia Catat Pertumbuhan Tertinggi Dalam G-20

Bisnis.com, JAKARTA – Pariwisata Indonesia dinilai mampu mencapai pertumbuhan tertinggi dalam kelompok negara G-20 karena berhasil memanfaatkan momentum perkembangan pasar pariwisata dunia yang mencapai US$7 triliun pada 2013.

Demikian hasil laporan dari World Travel & Tourism Council (WTTC) yang dikutip oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu ketika menyampaikan laporan perkembangan dan tren pariwisata Indonesia, Selasa (1/4/2014) sore.

Mari mengatakan dari hasil laporan lembaga tersebut, Indonesia pun diperkirakan berpeluang mencapai pertumbuhan kunjungan wisman hingga 14,2% dari 8,8 juta menjadi 10 juta. Angka tersebut lebih tinggi dari target yang dipatok oleh Kemenparekraf sebesar 9,3 juta hingga 9,4 juta kunjungan wisman.

“Peluang kita untuk mencapai proyeksi tersebut memang cukup terbuka karena daya saing pariwisata Indonesia terus membaik, ditambah dengan persepsi Indonesia yang kian positif,” tuturnya.

Dalam jangka pendek, Indonesia juga berpeluang menarik wisman asal China yang sekarang merupakan pasar wisman terbesar di dunia, yang terus bertumbuh tinggi.

Apalagi, sambungnya, terdapat negara di Asean yang saat ini sedang dalam masalah karena persoalan masakapai penerbangan sehingga kemungkinan wisman asal China akan mencari alternative destinasi wisata. “Kita bisa dalam posisi baik untuk menjadi destinasi baru bagi mereka yang tidak jauh dari negara tersebut.”


Sumber : Bisnis Indonesia, 02.04.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar