13 Mei 2014

[130514.ID.BIZ] Mulai 1 Juli, Berlaku Faktur Pajak Elektronik

Bisnis.com, JAKARTA--Terhitung 1 Juli 2014, Direktorat Jendaral Pajak (DJP) Kementerian Keuangan secara bertahap akan memberlakukan faktur elektronik atau e-faktur bagi Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

"Penerapan e-faktur mulai 1 Juli 2014 secara bertahap yaitu untuk 100 Pengusaha Kena Pajak yang terdaftar di Kanwil DJP Wajib Pajak Besar, Kanwil DJP Jakarta Khusus, dan KPP Madya di Jakarta," ujar Direktur Peraturan perpajakan I DJP Irawan, seperti dilansir laman Kemenkeu, Minggu (11/5/2014).

E-faktur tersebut, tambahnya, akan langsung terhubung dengan sistem komputer DJP.
"Misalnya faktur pajak (PPN) yang dipungut di bulan Mei, lalu dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan masa Pajak Pertambahan Nilai (SPT PPN) di bulan Juni. E-faktur bisa langsung terhubung dengan sistem komputer DJP," jelasnya.

Irawan menjelaskan  bahwa e-faktur adalah dokumen elektronik yang dapat dicetak di kertas atau disimpan dalam bentuk file pdf. Dasar hukum penerbutan e-faktur adalah Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 151/PMK.011/2013 tentang Tata Cara Pembuatan dan Tata Cara Pembetulan atau Penggantian Faktur Pajak yang diterbitkan 11 November 2014. Dengan adanya e-faktur, ada sejumlah perubahan teknis yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi elektronik.

“Ini menghemat biaya kertas, biaya cetak dan biaya peyimpanan,” ujarnya.

Kepala Subdit Peraturan PPN Perdagangan, Jasa, dan PTLL Oktria Hendradji menjelaskan mengenai validasi identitas PKP pada penggunaan e-faktur.

Menurutnya,  untuk menjamin validitas identitas PKP, akan digunakan semacam barcode yang akan menjadi pengganti tanda tangan basah. Barcode ini diterbitkan oleh DJP yang berisi informasi identitas masing-masing wajib pajak.

"Kita akan memberikan digital certificate yang berisi identitas masing-masing PKP. Bentuknya seperti barcode yang akan mereka pakai untuk setiap transaksi dengan e-Faktur Pajak. Jadi ini menjamin keabsahan masing-masing PKP," jelas Oktria.


Sumber : Bisnis Indonesia, 11.05.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar