30 Mei 2014

[300514.ID.BIZ] Resmi: Apple Membeli Beats 30 Trilliun Rupiah



Setelah digosipkan selama beberapa bulan, akhirnya kabar itu datang juga. Hari ini, Apple telah resmi membeli pembuat hardware audio dan jasa streaming radio, Beats. Harga yang harus dibayarkan Apple untuk mengakuisisi perusahaan yang didirikan oleh rapper terkenal Dr.Dre dan veteran eksekutif industry musik Jimmy Lovine ini senilai 3 Milliar Dollar, atau setara dengan kurang lebih 30 Trilliun Rupiah. Menurut due diligence dari Apple, deal tersebut terdiri dari 2,6 Milliar Dollar cash dan 400 Juta Dollar saham Apple.

Biasanya, Apple tidak pernah melakukan akuisisi besar. Akuisisi terhadap Beats ini adalah yang terbesar sejak mereka membeli NeXT, hanya untuk membawa Steve Jobs kembali ke Apple. Menurut kabar dan analisa dari berbagai media teknologi, alasan utama Apple membeli Beats adalah “membeli” dua orang eksekutifnya, Dr.Dre dan Jimmy Lovine yang memang sangat terkenal di kalangan pecinta musik. Pertaruhan Apple di dunia musik sudah dimulai sejak Steve Jobs meluncurkan iPod dan iTunes satu dekade yang lalu.

 “Musik adalah bagian penting dalam kehidupan kita, dan selalu mendapatkan tempat di hati Apple,” ucap Tim Cook, CEO Apple. “Itulah kenapa kami harus selalu berinvestasi di musik dan membawa masuk tim luar biasa ini jadi kami tetap bisa menciptakan produk dan servis music paling inovatif di dunia.”

Selain Dr.Dre yang memang artis, Jimmy Lovine juga merupakan figure penting yang harus didapatkan oleh Apple untuk memenangkan industri. Ketika Steve Jobs masih hidup, Jimmy Lovine adalah sosok yang membantu Apple membuat iTunes diterima oleh industri musik. “Dari awal Saya selalu merasa dalam hati bahwa Beats akan menjadi milik Apple,” ucap Jimmy Lovine. “Ide saat kami memulai perusahaan ini terinspirasi dari kemampuan luar biasa Apple mengawinkan budaya dan teknologi. Komitmen mendalam Apple untuk fans musik, artis, penulis lagu, dan industri musik secara keseluruhan sangat luar biasa.”

Langkah selanjutnya setelah akuisisi ini adalah Beats tetap berjalan seperti biasa, namun Dr.Dre dan Jimmy Lovine bergabung dengan tim manajemen Apple untuk mengembangkan divisi musiknya. Analisa dari berbagai pakar teknologi ternyata terbukti. Beats dinilai begitu mahal oleh Apple karena faktor Dr.Dre dan Jimmy Lovine. Bisakah Apple dan Beats berkolaborasi dan membuat industri musik semakin inovatif? Anda bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur [Photo Credit: Alexander]

Sumber : Studentprenuer, 29.05.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar