17 Agustus 2014

[170814.ID.BIZ] Ridwan Kamil: 2017 Bandung Punya Monorail


MERDEKA.COM. Dalam tiga tahun ke depan, Kota Bandung yang merupakan Ibukota Jawa Barat menargetkan memiliki sarana transportasi berbasis rail, yakni Monorail.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku, model transportasi massal itu cocok diterapkan di kota kembang.

"Kalau kita MRT enggak mungkin karena tanahnya berbukit-bukit dan miring, kita fokus di monorail, cabel car, kemudian bis listrik, bis sekolah, sepeda dan sky walk," ujar Ridwan Kamil yang ditemui semalam di Jakarta, Selasa (12/8).

Ridwan Kamil menyebut nilai investasi dari proyek ini menembus Rp 6 triliun. "Monorail hitungan 3 tahun, jadi 2017 kalau 2015 dibangun, tahap satunya paling setahun beres, tapi mengikuti jalur jalan jadi enggak ada masalah lahan," kata dia.

Dia mengaku, proyek monorail sudah dalam tahap lelang dengan mekanisme pembiayaan swasta. Saat ini, ada 3 investor yang kepincut dan tertarik membangun monorail di Bandung. Rata-rata dari luar negeri yakni Singapura, China dan Jerman.

"Ada tiga negara, yang dilelang 2 line dulu 11 kilometer," ucapnya.

Dua jalur yang dilelang tersebut antara lain rute yang selama ini diminati turis, dan rute lintas utara yang menyusuri sungai Cikapundung dari Dago ke Leuwipanjang.

Sumber: Merdeka.com, 12.08.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar