21 Januari 2015

[210115.ID.BIZ] Perkuat Pembiayaan Infrastruktur, Pemerintah akan Merger SMI dan PIP

PEMERINTAH berencana untuk menggabungkan atau merger Pusat Investasi Pemerintah (PIP) dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Langkah penggabungan ini dilakukan untuk memperkuat lembaga pembiayaan infrastruktur.

"Kami akan merger PIP dan SMI. Dengan begitu tidak ada dualisme, PIP kan jadi campur-campur," ujar Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, seusai rapat dengar pendapat bersama Badan Anggaran DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa malam (20/1).

Menurut Bambang, PIP selama ini tidak bisa bergerak lincah dalam pendanaan infrastruktur. Pasalnya, perusahaan plat merah itu masih berstatus Badan Layanan Umum yang setiap transaksi dilarang rugi.

"Sehingga PIP yang berbentuk BLU dapat digabungkan ke SMI yang berbentuk PT (perseroan terbatas)," pungkas Bambang.

Untuk melancarkan proses penggabungan tersebut, pemerintah telah menyiapkan penyertaan modal negara sebesar Rp18,4 triliun untuk SMI, yang awalnya merupakan aset serta modal untuk PIP, dalam RAPBN-Perubahan 2015.

PT Sarana Multi Infrastruktur merupakan BUMN yang didirikan sejak 2009 untuk mendorong percepatan penyediaan pembiayaan pembangunan infrastruktur nasional melalui kemitraan dengan swasta atau lembaga multilateral lainnya.

Sedangkan, Pusat Investasi Pemerintah merupakan BLU dibawah Kementerian Keuangan yang mendapatkan mandat untuk berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi dengan menjadi alternatif sumber pembiayaan infrastruktur.

Beberapa proyek investasi yang telah mendapatkan pembiayaan dari PIP antara lain pembangunan rumah sakit, infrastruktur jalan maupun listrik dan pasar dengan berbagai mitra seperti pemerintah daerah dan BUMN. (E-5)


Sumber : Media Indonesia, 21.01.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar