22 Januari 2015

[220115.ID.SEA] Perancis Minati Proyek Maritim RI

KEBIJAKAN Presiden Joko Widodo untuk membawa Indonesia menuju poros maritim dunia telah menarik minat berbagai negara untuk bekerja sama. Salah satu negara yang menunjukkan minat serius untuk peningkatan kerja sama di bidang kemaritiman adalah Prancis.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Indroyono Soesilo seusai menerima kedatangan Duta Besar Perancis Corinne Breuze di kantornya, Jakarta.

"Beberapa program kerja sama Indonesia-Perancis yang saat ini tengah berjalan, antara lain proyek Infrastructure Development of Space Oceanography (INDESO) yang sekarang digunakan untuk menangani illegal fishing menggunakan teknologi satelit," ujar Indroyono seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, di Jakarta, Kamis (22/1).

Program lain, Indroyono melanjutkan, yaitu Ecoport, program pengembangan pelabuhan-pelabuhan perikanan yang ramah lingkungan guna meningkatkan sarana pelabuhan perikanan di Belawan, Sungailiat, Pelabuhan Ratu, Kendari dan Bitung.

"Saat ini tengah dibangun pula dua kapal survey hidro-oseanografi milik TNI-AL di Perancis, yang akan selesai pada semester I, 2015 yang akan datang," tambahnya.

Lebih lanjut, Indroyono mengatakan Dubes Prancis dan Menko Kemaritiman juga sepakat untuk menggalang kerjasama pembangunan Marine Techno-Park di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Direncanakan, pusat teknologi kelautan di Kalimantan Timur tersebut akan berfungsi sebagai pangkalan kapal-kapal riset Indonesia, serta kawasan industri migas untuk kegiatan lepas pantai.

"Program pembangunan pusat teknologi kelautan ini akan juga dikaitkan dengan kegiatan riset biota laut, seperti mangrove, serta pengembangan sumber daya kemaritiman bekerja sama dengan universitas-universitas di Prancis," ungkapnya.

Segera pula dirintis kerja sama antara Kemenko Kemaritiman Indonesia dengan Sekretariat Jenderal Kemaritiman Prancis, pungkas Indroyono. (Ids/E-1)


Sumber : Media Indonesia, 22.01.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar