03 Februari 2015

[030215.ID.BIZ] Dorong Ekonomi, Suku Bunga Australia Turun ke 2,25%

Negara-negara global kini mulai menurunkan suku bunga acuannya. Kini, Bank sentral Australia memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin ke level 2,25%.

Seperti dilansir situs berita AFP, Selasa (3/1), bank sentral Australia mulai menurunkan suku bunga acuannya setelah 18 bulan bertahan di level 2,5%. Gubernur Bank Sentral Australia, Glenn Stevens mengatakan kebijakan moneter ini ditempuh untuk memacu perekonomiannya.

"Pada pertemuan hari ini, dengan mempertimbangkan arus informasi terbaru dan prakiraan diperbarui, dewan menilai bahwa, pada keseimbangan, penurunan lebih lanjut dalam tingkat suku bunga adalah tepat," kata Glenn.

Di awal tahun ini, negara-negara global kini tengah menerapkan suku bunga rendah untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonominya. Sebelumnya, bank sentral India memotong suku bunga ke tingkat 7,75%. Kemudian bank sentral Turki yang menurunkan suku bunga sebesar 50 basis poin menjadi 7,75%. 

Sementara Bank Indonesia masih kukuh menahan BI rate di level 7,75%. Besaran suku bunga acuan di dalam negeri itu bertahan sejak November 2014. (AFP/Wes/E-5)


Sumber : Media Indonesia, 03.02.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar