15 Februari 2015

[150215.ID.BIZ] Bangun Rel Kereta Api, Sulsel Anggarkan Rp1 Triliun



Bisnis.com, MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Agus Arifin Nu'mang, mengatakan anggaran untuk pembuatan jalan rel kereta api di Sulsel mencapai Rp1,18 triliun.

"Berdasarkan hasil rapat yang saya ikuti di Jakarta, untuk anggaran jalan kereta api di APBN secara total mencapai Rp1,118 triliun," katanya di Makassar, Minggu (15/2/2015).

Ia menjelaskan anggaran tersebut berasal dari APBN pokok sebesar Rp311, 7 miliar kemudian ditambah Rp860 miliar dengan jumlah total Rp1,117,7 triliun khusus jalan kereta api. "Pak menteri bilang dana ini harus diserap dan meminta tolong agar fokus dalam pengerjaan termasuk pembebasan lahan," ujarnya.

Rencana dimulainya pembangunan rel kereta api dicanangkan pada akhir Februari 2015 karena dianggap pendanaan sudah siap untuk direalisasikan.

Pembangunan rel kereta api untuk tahap pertama sepanjang 30 kilometer telah disurvei Dinas Perhubungan Sulsel bersama Kementerian Perhubungan.

Anggota DPRD Sulsel Aryadi Arsal mengatakan seluruh pembahasan jalan hingga penggaran tinggal merampungkan penyelesaian pembebasan lahan masyarakat yang akan dilalui jalan kereta api tersebut.
"Dukungan masyarakat Sulsel sangat diharapkan mewujudkan trasportasi massal ini seperti pada pembebasan lahan jalan kereta api," katanya.

Pemprov Sulsel sebelumnya telah merencanakan membangun infrastruktur jalur kereta api menghubungkan Kota Makassar- Kota Parepare sepanjang 144 kilometer dengan anggaran Rp6,4 triliun.

Jalur kereta yang rencananya dibangun seperti single track dengan lebar rel 1,435 milimeter dengan kecepatan maksimal kereta api mencapai 200 kilometer per jam dan akan dibangun infrastruktur 23 unit stasiun. 

Sumber : Bisnis Indonesia, 15.02.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar