16 Februari 2015

[160215.ID.BIZ] Inilah Rencana Proyek Kereta Api Di Papua

Bisnis.com, TIMIKA—Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua terus melobi Kementerian Perhubungan untuk segera merealisasikan pembangunan lintasan kereta api guna membuka isolasi wilayah Papua.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng kepada Antara di Timika, Selasa (10/2/2015), mengatakan dalam waktu dekat jajarannya akan menemui Menteri Perhubungan Ignatius Jonan di Jakarta untuk mempresentasikan kesiapan Mimika membangun jaringan rel kereta api yang akan menghubungkan kabupaten tetangga di pedalaman Papua.

Saat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta belum lama ini, Presiden mengutarakan kembali rencana pemerintah untuk membangun jaringan lintasan kereta api di Papua sebagai solusi terbaik untuk mengatasi hambatan geografis yang sulit di Papua.

"Pemerintah Pusat merencanakan untuk membangun jaringan kereta api di Papua yang proyek percontohannya yaitu Sorong-Manokwari, Sorong-Bintuni atau Timika-Ilaga. Kami akan berjuang agar proyek perdana lintasan kereta api di Papua yaitu dari Timika ke Ilaga. Yang jelas Pemkab Mimika siap untuk mendukung penuh rencana itu," kata Bupati Omaleng.

Dia menyambut baik prakarsa Pemerintah Pusat melalui Kemenhub yang memberikan prioritas pembangunan infrastruktur transportasi massal di Papua khususnya di wilayah Mimika dalam upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah itu.

Sumber : Bisnis Indonesia, 10.02.15.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar