08 Januari 2012

[080112.ID.AIR] China Boikot Aturan ETS Eropa


JAKARTA: China secara resmi menyatakan sikap akan memboikot aturan emisi gas CO2 yang dikeluarkan oleh pesawat baik yang terbang ke dalam maupun ke luar wilayah Uni Eropa (UE) yang resmi berlaku mulai bulan ini.

Aturan  Europe Union Emissions Trading Scheme (ETS) dan berlaku di 27 negara anggota UE tersebut mengharuskan setiap maskapai yang menuju ke Eropa maupun terbang keluar Eropa untuk melaporkan emisi karbon dari armadanya masing-masing.

Seperti dikutip dari situs surat kabar Partai Komunis China, People Daily, jubir Kemlu China, Hong Lei menyatakan Beijing menolak penerapan skema ETS. "China menolak penerapan aturan tersebut!"

Hong menyatakan China berharap UE akan menanggapi sikap yang diambil China dan keberatan yang telah disampaikan oleh negara-negara lain.

China secara tegas menuding aturan yang dikeluarkan Eropa itu merupakan bagian dari persaingan usaha yang tidak sehat karena aturan ini secara sepihak memaksa maskapai menggunakan pesawat terbang buatan konsorsium Eropa, Airbus.

Jubir aksi iklim UE Ishak Valero-Ladron seperti dikutip dari ABC.net,au menyatakan skema ETS dibenarkan dan tidak melanggar hukum internasional maupun prinsip kedaulatan.

"Jika China ingin melakukan bisnis di Eropa, mereka harus memenuhi persyaratan kesehatan dan keselamatan."

Andrew Herdman, Dirjen Asosiasi Penerbangan Asia Pasifik, menilai Eropa mempersulit pemenuhan pasar penerbangan internasional dan sekarang membuka risiko perang dagang.

"Banyak negara seperti Amerika, China, India dan lain-lain telah menyampaikan keberatan mereka," kata Herdman. (tw)

Sumber : Bisnis Indonesia, 08.01.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar