29 Januari 2012

[290112.ID.BIZ] Proyek Gas : Ditekan AS, Pakistan Teruskan Kerja Sama Dengan Iran


JAKARTA: Sadar ekonomi Amerika Serikat makin kedodoran dan harus mengetatkan ikat pinggang, Pakistan memilih mengabaikan embargo sekaligus menegaskan untuk meneruskan proyek gas dari Iran.

Jubir Departemen Luar Negeri Pakistan, Abdul Basit seperti dikutip dari newspakistan.pk menyatakan tidak akan membatalkan proyek pipa gas bernilai multijuta dollar yang dijadwalkan rampung pada 2014.

“Pakistan berkomitmen penuh terhadap proyek ini dan sanksi [AS] tak akan bisa menutup kerjasama yang telah diteken. Tak ada perubahan pendirian dan kami tetep mengejar jadwal penyelesaian proyek pada 2014,” katnya, Sabtu 28 Januari 2012.

Pernyataan Pakistan jelas membuat Paman Sam berang. Setelah jalur pasokan bagi tentara AS diputus, kini Pakistan jelas-jelas membangkang perintah Washington yang dilihat mata dunia sebagai niat memutuskan hubungan. 

Jalur Pipa Gas Iran-Pakistan-India (IPI) telah dirintis sejak 1993, ketika Pakistan dan Iran telah mengumumkan rencana untuk membangun pipa gas sejauh 2775 kilometer yang menghubungkan antara ladang gas di Pars selatan (sebuah provinsi di tenggara Iran) ke kota Multan dan Karachi di Pakistan.

Selanjutnya, Iran menawarkan kepada India untuk  bergabung dalam proyek ini. Bila disepakati, pipa gas dari Multan akan diperpanjang hingga ke New Delhi. Pembicaraan kerjasama ketiga pihak berjalan berlarut-larut.

Baru pada 24 Mei 2009, Presiden Iran dan Pakistan bertemu di Teheran, menandatangani kontrak kesepakatan senilai US$7,5 miliar dan dijadwalkan selesai pada 2014 untuk mengalirkan gas Iran ke Pakistan sebanyak 8 juta kubik meter per tahun. (faa)

Sumber : Bisnis Indonesia, 29.01.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar