08 Agustus 2012

[080812.ID.BIZ] Ekonom : Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Akan Melambat


JAKARTA: Pertumbuhan ekonomi pada semester I/2012 yang mencapai 6,4% dipandang ekonom tidak akan berlanjut pada semester kedua.

Head of Global Market HSBC Indonesia Ali Setiawan menuturkan pihaknya memperkirakan ekonomi Indonesia akan melambat di paruh kedua. "Kami memprediksi pertumbuhannya di level 6,1%," sebutnya, Selasa (7/8) malam.

Perlambatan ini, jelas Ali, karena masih ada dampak melemahnya ekonomi Asia, seperti terlihat di Cina dan India.

Pertumbuhan yang cukup tinggi di semester pertama, kata dia, disebabkan kuatnya sokongan dari konsumsi domestik sehingga dampak perlambatan ekonomi di regional Asia masih belum terasa. Namun, Ali menerangkan konsumsi dalam negeri masih akan tetap tinggi pada paruh kedua 2012.

Indonesia, papar dia, masih terlalu bergantung pada kondisi ekonomi negara lain, terutama ekspor impor. Hal ini membuat Indonesia rentan jika terjadi perlambatan pada negara lain.

"Perdagangan Indonesia dengan Cina defisit lebih dari US$1 miliar, dengan Jepang sekitar US$660 juta," sebut Ali. Dia memproyeksi defisit perdagangan ini masih akan berlanjut hingga akhir tahun dengan nilai lebih dari 1%. (Faa)

Sumber : Bisnis Indonesia, 08.08.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar