27 Agustus 2012

[270812.ID.BIZ] Akuisisi INSTAGRAM : Facebook Bisa Melanjutkan


WASHINGTON: Facebook Inc memenangkan persetujuan dari US Federal Trade Commission (FTC) atas akuisisi Instagram Inc, layanan berbagi foto populer pada perangkat mobile.

FTC menutup tinjauan antimonopoli atas transaksi itu dengan suara bulat para komisioner. Hal itu memungkinkan pembelian untuk dilanjutkan, kata FTC pada Rabu (22/8/2012) lewat sebuah pernyataan di situsnya.

"Kami sangat senang bahwa Federal Trade Commission telah membersihkan transaksi setelah meninjau secara cermat dan seksama," kata perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California dalam pernyataan yang dibagi via surat elektronik.

Facebook, di bawah pengawasan investor atas kinerjanya di sektor mobile, membeli Instagram untuk meningkatkan kehadirannya pada perangkat nirkabel.

Pembelian itu perlu untuk menangkap perhatian lebih banyak pengguna dan meningkatkan uang dari periklanan karena Facebook sedang bersaing dengan Google Inc.

Perusahaan mengatakan awal tahun itu pertumbuhan penjualan gagal mengimbangi meningkatnya jumlah pengguna seiring banyaknya pemilik akun Facebook mengakses layanan dari tablet dan smartphone.

Facebook pada April menawarkan untuk membeli situs berbagi foto sebesar US$300 juta dalam bentuk tunai ditambah sekitar 23 juta lembar saham biasa. Kesepakatan itu senilai hampir US$750 juta berdasarkan harga penutupan Rabu (22/8).

Instagram merupakan aplikasi foto populer pada telepon pintar (smartphone), seperti iPhone dari Apple Inc, yang memungkinkan pengguna mengambil gambar, memodifikasi dan membaginya dengan teman-teman dengan cepat.

Perusahaan itu mengatakan pada bulan lalu bahwa akuisisi diharapkan untuk selesai pada tahun ini. (Bloomberg/Mtb/msb)

Sumber : Bisnis Indonesia, 23.08.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar