20 Juli 2014

[200714.ID.BIZ] Lebaran Ini, Pendapatan KAI Tak Naik Signifikan


TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Ignasius Jonan memprediksi pendapatan perusahaannya selama Lebaran tahun ini meningkat lima persen dibanding masa mudik tahun lalu. Menurut Jonan peningkatan itu tak terlalu besar karena kursi yang penuh cuma keberangkatan dari Jakarta.

"Gak signifikan pendapatannya. Keberangkatan barat ke timur penuh, tapi timur ke barat kosong. Sama saja," kata Jonan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Ahad, 20 Juli 2014.

Menurut Jonan, untuk arus mudik lebaran tahun ini, peningkatan kursi dibanding akhir pekan masa normal mencapai 10-12 persen. Bila saat akhir pekan kursi yang terjual kira-kira 190 ribu, saat mudik meningkat jadi 220-225 ribu kursi.

Sedangkan dibandingkan hari biasa, kata Jonan, peningkatan kursi yang terjual mencapai 40-45 ribu. Untuk hari biasa pada masa normal, kata Jonan, jumlah kursi yang terjual sejumlah 160 ribu.

"Ini tak termasuk kereta seperti Argo Parahyangan (Jakarta - Bandung) atau ke Cirebon ya (non jarak menengah-jauh)," kata Jonan. Sedangkan jika dibandingkan dengan kursi yang terjual selama arus mudik tahun lalu, kata Jonan, peningkatannya mencapai 6 persen.

Sumber : Tempo, 20.07.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar