21 Juli 2014

[210714.ID.AIR] Penyelidikan MH17 Malaysia Airlines, SBY Sesalkan Sikap Warga Ukraina


Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyesalkan sikap masyarakat lokal di wilayah bagian timur Ukraina yang dinilai tidak kooperatif terhadap upaya penyelidikan tertembaknya pesawat MH17 milik Malaysian Airlines.

SBY menyayangkan sikap masyarakat lokal yang oleh banyak kalangan dan sumber resmi internasioanal dinyatakan menghalangi dan mempersulit proses pencarian jenazah untuk penyelidikan di lapangan.

"Indonesia sangat menyesalkan. Itu sikap yang tidak baik," ujar SBY sebelum menerima kehadiran 5 duta besar negara sahabat di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/7).

SBY mengingatkan bahwa penyelidikan tersebut untuk kepentingan para korban yang tidak berdosa serta para keluarga yang ditinggalkan. Kepala Negara mempertanyakan rasa kemanusiaan yang dimiliki oleh pihak yang menghalang-halangi kepentingan penyelidikan.

"Indonesia tidak ikut-ikutan politik dalam negerinya, tapi kalau sudah menyangkut kemanusiaan, mestinya mereka yang ada di tempat itu kooperatif dengan negara-negara yang warga negaranya menjadi korban, dengan tim yang akan melaksanakan investigasi secara bersama," katanya.

SBY berharap semua pihak, bukan hanya masysrakat lokal, memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi dengan membuka akses seluasnya terhadap proses investigasi bersama.

"Bahkan jika perlu membantu agar investigasi berjalan dengan baik, pengumpulan jenazah dan barang pribadi bisa dilaksanakan dengan baik," katanya.

Sumber : Bisnis Indonesia, 21.07.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar