04 Desember 2014

[051214.ID.SEA] Kapal Pandu Raksasa Karam di Tanjung Priok

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah kapal pandu raksasa dikabarkan tenggelam di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis, 4 Desember 2014. Peristiwa ini sempat mengganggu alur lalu lintas laut dan menyebabkan pencemaran lantaran minyak dari kapal tersebut tumpah. (Baca juga: Dua Kapal Tug Boat Hilang di Perairan Sumenep)

Informasi yang diperoleh Tempo menyebutkan bahwa kapal pemandu lalu lintas pelayaran yang tenggelam itu bernama TB Bima 34. Kapal milik PT Pelindo II ini karam di area bengkel Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok, pada pukul 03.04 WIB.

Menurut juru bicara Kementerian Perhubungan, Julius Adravida Barata, insiden karamnya TB Bima 34 sempat mengganggu lalu lintas pelayaran. Selain itu, tumpahan minyak dari badan kapal mencemari perairan di sekitar Tanjung Priok. "Sedang ditanggulangi," katanya kepada Tempo. (Baca juga: Indonesia Kekurangan Tenaga Pandu Kapal)

Kapal pandu TB 34 diketahui dibuat di Cina. Kapal ini bertugas menarik atau mendorong kapal lain di pelabuhan hingga ke laut lepas. Dengan tugas tersebut, kapal yang berukuran kecil ini memiliki tenaga yang lebih besar daripada kapal lain.


Sumber : Tempo, 04.12.14.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar