19 Desember 2014

[191214.ID.BIZ] Putin: Anjloknya Harga Minyak Konspirasi AS dan Arab Saudi



REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin tidak menampik adanya kemungkinan konspirasi antara AS dan Arab Saudi dalam anjloknya harga minyak dunia beberapa bulan belakangan. Meskipun, dia sendiri belum mengkonfirmasi hal ini.

Putin menyatakan, ada pembicaraan terkait hal ini sebelumnya. "Beberapa orang mengatakan ada konspirasi antara Arab Saudi dan AS untuk menghukum Iran atau menekan perekonomian Rusia atau untuk mengarahakan dampaknya pada Venezuela," ujar Putin seperti dikutip dari Russian News Agency, Kamis (18/12).

Putin menambahkan, ini hanya asumsi saja. Karena biaya produksi untuk shale-oil dan shale-gas saat ini nyaris nol. "Jika tingkat ini terus, semuanya akan berantakan (dalam produksi shale-oil) dan harga akan mulai naik," katanya. "Tapi kita tidak bisa mengatakan ini dengan keyakinan seratus persen."

Ia percaya kepentingan Administrasi AS dan produsen utama minyak mungkin bertepatan pada saat ini. Karena Washington memperlakukan investasi dalam produksi shale-oil oleh perusahaan swasta.

Sumber : Republika, 19.12.14.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar