31 Desember 2014

[311214.ID.BIZ] Kunjungan Jokowi Ke Papua: Presiden Minta Menhub Kaji Kereta Papua

Bisnis.com, JAYAPURA-- Presiden Joko Widodo mengaku telah memerintahkan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan untuk melakukan studi pembangunan prasarana kereta api di Papua.

"Saya sudah perintahkan Menhub mulai tahun depan melakukan studi kereta api di Papua," kata Jokowi saat bertatap muka dengan Barisan Relawan Jaringan Perubahan Provinsi Papua di GOR Waringin Kota Jayapura, Papua, Sabtu petang (27/12/2014), yang dihadiri pula Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano.

Jokowi menegaskan perintah studi kelayakan kereta api di Papua itu harus ditindaklanjuti dengan aksi nyata dengan membangun jaringan kereta api di sana.

"Setelah studi dilakukan, jangan berhenti, harus dimulai, ada uang berapa ya mulai. Studi itu butuh waktu 6-8 bulan," ujarnya, disambut sorak gembira warga Papua dalam tatap muka itu.

Tapi Jokowi meminta Gubernur Papua, bupati dan wali kota membantu membebaskan lahan untuk membangun jaringan kereta api, karena kendala utama pembangunan infrastruktur adalah pembebasan lahan.

"Saya minta gubernur, bupati, wali kota turut membantu membebaskan lahan, setelah itu yakin akan jalan dengan baik (terlaksana sesuai harapan)," ujar Jokowi.

Wacana pembangunan jaringan kereta api di Papua cukup lama didengungkan banyak pihak karena sejauh ini warga provinsi ini lebih banyak mengandalkan pesawat terbang.

Sumber : bisnis Indonesia, 28.12.14.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar