30 Desember 2014

[301214.ID.AIR] AIRASIA QZ8501: Inilah Kronologi Penemuan Serpihan & Jasad Korban, 4 Jenazah Berangkulan

Bisnis.com, JAKARTA - Tim SAR telah menemukan beberapa serpihan dan jasad yang diduga korban pesawat AirAsia QZ8501 pada hari ketiga sejak dinyatakan hilang.

Berikut ini kronologi ditemukannya serpihan dan jasad korban pada hari ini, Selasa (30/12/2014):

1. Pukul 09.52 WIB
Pesawat CN-295 bernomor A-2906 dengan Captain Pilot Kapten Pnb. Reza Pahlevi dan Copilot Lettu Pnb Ari Purba Kesuma terbang pada ketinggian 500 kaki (150 meter) dari permukaan laut berhasil menemukan tiga objek besar berwarna putih dan kuning mengapung di perairan pada posisi radial 227 dan jarak 95 Nm (175 km) dari Pangkalan Bun.

2. Pukul 10.18 WIB
Posko SAR TNI AU di Lanud Halim dengan menerbangkan pesawat C-130 Hercules A-1320.

3. Pukul 11.30 WIB
Hercules A-1319 dengan Captain Pilot Mayor Pnb. Akal Juang dan Copilot Lettu Pnb Aris Febrianto dan Lettu Pnb.Erwin Tri Wibowo terbang pada ketinggian 500-700 kaki berhasil menemukan serpihan-serpihan dan korban.

4. Pukul 12.15 WIB
Pesawat Hercules A-1320 menemukan live vest penumpang kuning, serpihan cargo berwarna merah putih dengan jaring cargo.

5. Pesawat helikopter SAR HR-3601 Basarnas dari Pangkalan Bun memasuki perairan tersebut. Helikopter pada pukul 13.58 WIB membuktikan temuan pesawat TNI AU dengan menemukan lebih banyak serpihan dan tubuh terapung.

6. KRI Bung Tomo di lokasi penemuan reruntuhan, selanjutnya kapal perang tersebut seterusnya berada di lokasi sebagai kapal pertama yang mulai mengevakuasi korban.

7. Hercules A-1319 mengudara kembali dan pada ketinggian 500 kaki berputar di atas lokasi melaporkan melihat empat jenasah berangkulan, dan ada yang mengenakan celana hitam dan biru serta nampak seperti mengenakan pelampung.

8. Penerbang pesawat A-1319 melihat sebuah kapal tongkang dengan awak kapal yang melambaikan tangan menunjukkan sebuah serpihan kepada Hercules yang mendarat di Lanud Halim pada pukul 16.28 WIB.

Sumber: Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Hadi Tjahjanto.



(artikel tambahan) SERPIHAN AIRASIA QZ8501 DITEMUKAN: 40 Jenazah Ditemukan Di Lautan

Bisnis.com, JAKARTA – Upaya pencarian korban pesawat AirAsia QZ8501 berhasil menemukan sejumlah tubuh jenazah di lautan.

Empat puluh jenazah ditemukan di lautan yang diduga berasal dari pesawat AirAsia yang hilang saat melakukan penerbangan dari Surabaya menuju Singapura, Minggu (28/12/2014) lalu.

Kabar soal ditemukannya jenazah korban itu disampaikan Kadispenal Manahan Simorangkir seperti diberitakan Kantor Berita Reuters, Selasa (30/12) petang.

Temuan jenazah itu terjadi saat hari mulai petang.

Sejauh ini tak ada yang bisa memastikan apakah ada penumpang pesawat naas itu yang selamat.

“Saya sangat merasakan duka para keluarga penumpang QZ8501,” ujar bos Air Asia Tony Fernandes dalam ucapan duka cita di akun Twitternya. “Atas nama Air Asia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam untuk semua. Tak ada kata-kata yang dapat menggambarkan betapa sedihnya saya.”

Sementara itu, saat televisi menayangkan gambar tubuh yang terapung di laut, keluarga korban yang berkumpul di crisis centre di Bandara Juanda, Surabaya, tak bisa menahan tangis. Beberapa di antara mereka jatuh pingsan dan segera mendapat pertolongan.

“Anda harus kuat,” ujar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat mencoba menenangkan keluarga korban.

“Mereka bukan milik kita, mereka kepunyaan Allah,” ujarnya.

Sementara itu, juru bicara TNI AL menyebutkan bahwa pintu pesawat, tabung oksigen dan satu jenazah yang ditemukan telah dievakuasi dengan helikopter untuk pengujian lebih lanjut. Informasi terakhir, tim SAR telah mengevakuasi tiga jenazah.

Kondisi cuaca membuat upaya evakuasi belum bisa dilaksanakan sepenuhnya.


Sumber : Bisnis Indonesia, 30.12.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar