05 April 2015

[050415.ID.BIZ] Siap-Siap! Harga BBM Akan Naik Turun Secara Mendadak

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah tidak akan berlama-lama lagi membahas kemungkinan penaikan dan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar sebelum diumumkan ke masyarakat.

Sudirman Said, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, mengatakan pembahasan panjang mengenai harga BBM sebelum diputuskan dan diumumkan akan menimbulkan efek psikologis yang kurang baik bagi masyarakat. Hal tersebut juga dapat mengganggu ketenangan dan justru dapat menimbulkan gejolak di tengah masyarakat.

“Jangan punya harapan untuk dibicarakan terus menerus sebelum diputuskan, karena itu justru mengganggu ketenangan masyarakat,” katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (31/3/2015).

Sudirman menuturkan pemerintah hanya akan terus melakukan sosialisasi mengenai pola baru terkait subsidi dan penetapan harga BBM jenis Premium dan Solar.

Harapannya, masyarakat tidak lagi menanggapi fluktuasi harga BBM secara berlebihan, karena harga yang ditetapkan pemerintah masih dalam batas yang dapat ditoleransi.

Menurutnya, pemerintah juga bekerja agar penaikan harga BBM jenis Premium dan Solar tidak memberikan dampak luas terhadap penaikan harga kebutuhan pokok lainnya.

Hal itu terlihat dari kebijakan Menteri Perhubungan yang tidak akan menaikkan tarif angkutan umum pada penaikan harga BBM kali ini.

“Gubernur Bank Indonesia juga sudah menyampaikan kalau penaikan harga BBM kali ini hanya berdampak kecil pada penaikan harga kebutuhan pokok yang dapat memicu inflasi,” ujarnya.

Sudirman juga sebelumnya menyebut penaikan harga BBM jenis Premium dan Solar kali ini adalah hal yang wajar, karena meningkatnya harga minyak dunia dan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Sumber : Bisnis Indonesia, 31.03.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar