10 April 2015

[100415.ID.SEA] Surabaya Jadi Kota Pertama Punya Pelabuhan Terhubung KA, Jakarta Menyusul

SURABAYA: Kota Surabaya, Jawa Timur, yang pertama punya pelabuhan dengan fasilitas KA barang atau logistik di Indonesia. Fasilitas KA logistik ini terhubung dengan Pelabuhan Tanjung Perak, khususnya di Terminal Petikemas Surabaya (TPS).
"Surabaya yang pertama, setelah itu disusul di Jakarta Tanjung Priok, beberapa bulan lagi," kata EVP Corporate Secretary PT KAI, Sugeng Priyono.

Seperti diketahui, jaringan rel KA logistik/kontainer yang menghubungkan antara Pelabuhan Tanjung Priok dengan Pelabuhan Peti Kemas hingga Tempat Penampungan Khusus (TPK) Koja, Jakarta Utara telah ada.

Rel ini telah lama mati dan tidak digunakan untuk pengangkutan KA logistik di Jalan Pasoso menuju Jalan Deli atau TPK Koja. Proyek ini telah dianggarkan sejak 4 tahun silam dan pembangunannya baru mencapai Jalan Pasoso atau sebelum masuk ke pelabuhan. Proyek ini tersisa hingga 300-500 meter lagi agar bisa masuk ke jantung pelabuhan Tanjung Priok.

Sementara itu, Direktur Operasi dan Pemasaran PT KALOG Subakir menjelaskan soal fasilitas KA logistik di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Ia mengatakan, untuk tahap awal memang akan ada 2 rangkaian per hari yang akan beroperasi di Terminal Petikemas Surabaya.

Namun jumlah itu akan bertambah seiring meningkatnya permintaan yang diyakini akan segera terjadi. Kalog mempunyai target mengoperasikan 5 rangkaian kereta dalam sehari hingga akhir tahun 2015.

Dengan rangkaian 5 kereta itu, maka dalam sehari akan ada 150 TEUs arus peti kemas yang dapat terangkut. "Kami pikir permintaan akan ramai karena biaya logistik bisa ditekan dan lebih efisien," ujar Subakir.


Sumber : detik, 09.04.15 / Kredit Foto : RAM..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar