14 April 2015

[140415.ID.BIZ] Harga Minyak Naik, Dipacu Rencana Iran Minta OPEC Pangkas Produksi

Bisnis.com, JAKARTA – Harga minyak bergerak naik setelah Menteri Perminyakan Iran menyebutkan akan berusaha membujuk  Organization of the Petroleum Exporting Countries untuk memangkas produksi sebesar 5% dalam pertemuan pertengahan tahun nanti.

Pada perdagangan kemarin sampai pukul 18:31 WIB, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) naik 0,71% menjadi US$52,28 per barel, sedangkan harga minyak Brent menguat 0,17% menjadi US$58,03 per barel.

Lukman Leong, analis PT Platon Niaga Berjangka, mengatakan bila pemangkasan produksi dari Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) terealisasi akan lumayan memberikan dampak. Tapi, tampaknya Arab Saudi mustahil menyetujui permintaan Iran tersebut.

“Arab Saudi pasti mempertimbangkan beberapa hal seperti bila sanksi perdagangan Iran dicabut, maka akan ada peningkatan produksi minyak di Iran. Tapi, pasar akan bereaksi positif untuk jangka pendek terhadap harga minyak terkait rencana Iran tersebut,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (14/4/2015).

Seperti dikutip Bloomberg, Menteri Perminyakan Iran Bijan Namdar Zanganeh menyatakan akan melobi OPEC untuk memangkas produksi sebesar 5% menjadi sekitar 28,5 juta barel per hari dibandingkan dengan kuota saat ini sebesar 30 juta barel per hari.

Seiring pernyataan Bijan, Iran juga memberikan potongan harga minyak produknya untuk pasar Eropa dan Afrika untuk pengiriman Mei senilai US$3,9 per barel. Sebelumnya, pada Februari silam, Iran juga memberikan diskon minyak untuk pasar Asia US$3,66 per barel.


Sumber : BIsnis Indonesia, 14.04.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar