23 April 2015

[230415.ID.BIZ] Banten Siap Garap Bojonegara Jika Pusat Restui

Kabar24.com, JAKARTA--Pemerintah Provinsi Banten bersedia cari investor sendiri untuk proyek kawasan industri Bojonegara di Serang beserta infrastruktur pendukungnya.

Plt. Gubernur Banten Rano Karno menyatakan sedianya pemprov mau mencari investor untuk jadi mitra dalam menggarap proyek tersebut. Tapi hal ini baru bisa dilakukan jika pemerintah pusat menyerahkan proyek Bojonegara seutuhnya jadi program provinsi.

“Kalau pemerintah pusat serahkan ke kami, kami akan cari investor saking pentingnya proyek ini. Kewenangan proyek ini sekarang di pemerintah pusat,” kata Rano kepada Bisnis, di Tangerang, belum lama ini.

Berdasarkan rencana tata ruang Pemprov Banten 2010 – 2030, Serang diarahkan untuk pengembangan industri, pelabuhan, pergudangan, pariwisata, jasa, dan perdagangan. Bojonegara sendiri dinyatakan layak secara keekonomian untuk dikembangkan bertahap.

Oleh karena itu dibutuhkan komitmen dan gerak cepat guna mengembangkan infrastruktur pendukung, seperti kawasan industri alat berat dan pembangkit listrik, tol menuju keluar Cilegon barat, dan pembebasan lahan untuk pelebaran jalan menuju kawasan. Ada pula infrastruktur pembangunan lintasan kereta api menuju kawasan serta pemenuhan AMDAL.

Pola tata ruang di Bojonegara dinyatakan dekat dengan jalur perdagangan atau pelayaran internasional. Oleh karena itu pengembangan kawasan ini akan dilengkapi dengan pelabuhan sehingga arus pelayaran masuk dan keluar Indonesia lebih lancar.


Sumber : Bisnis Indonesia, 23.04.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar