25 Mei 2015

[250515.ID.SEA] Iran Hanya Izinkan PBB Periksa Kapal Bantuan

DJIBOUTI – Militer Iran pernah mengatakan, jika ada pihak yang melakukan serangan terhadap kapal bantuan mereka untuk Yaman, maka sama saja dengan membunyikan genderang perang. Namun, militer Iran akhirnya mengizinkan pihak PBB untuk memeriksa kapal bantuan mereka yang akan menuju Yaman.

Kapal bantuan kemanusiaan Iran untuk Yaman dilaporkan berlabuh di Djibouti. Hal itu dilakukan sebagaimana saran yang diajukan PBB. Pihak PBB telah menyarankan Iran untuk tidak langsung memberikan bantuan ke Yaman karena khawatir akan terjadi ketegangan dengan Arab Saudi.

“Kami telah memutuskan untuk melabuhkan kapal kami di Djibouti, sehingga PBB dapat melakukan pemeriksaan sesuai dengan protokol mereka,” ujar Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir Abdollahian, kepada kantor berita ISNA, seperti dikutip Al Arabiya, Jumat (22/5/2015).

Abdollahian menambahkan, hanya PBB yang boleh melakukan pemeriksaan terhadap kapal bantuan Iran. Jika ada pihak lain yang menyentuh kapal tersebut, pihak militer Iran tetap menyatakan perang.

Sebelumnya, militer Iran menyatakan siap berperang jika kapal kargo yang membawa bantuan kemanusiaan ke Yaman diserang pihak lain. Hal itu disampaikan Wakil Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Brigadir Jenderal Massoud Jazzayeri.

Sebagaimana diberitakan, Iran setidaknya mengirimkan satu kapal besar yang berisi 2.500 ton bantuan kemanusiaan. Bantuan tersebut berisi obat-batan dan bantuan logistik lainnya. Selain membawa bantuan obat dan logistik, Iran juga mengirimkan relawan kemanusiaannya ke Yaman.


Sumber : OkeZone, 22.05.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar