26 Oktober 2011

[261011.ID.OTH] Dahlan Akan Beri Keleluasaan BUMN

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN yang baru, Dahlan Iskan, berjanji bakal memberikan keleluasaan terhadap perusahaan pelat merah untuk melakukan aksi korporasi. Hal itu yang menjadi prioritas langkah yang akan dibangun untuk mengembangkan perusahaan pelat merah kian maju.

"Akan berikan keleluasaan lebih besar untuk lakukan aksi-aksi korporasi, itu mendasar sekali bagi perusahaan BUMN," katanya seusai pelantikan di Kompleks Istana, Rabu (19/10/2011).

Keleluasaan di sini artinya BUMN akan dituntut bekerja lebih keras dan lebih bertanggung jawab ketimbang membuat laporan, surat-menyurat, dan rapat. "Nanti rapat pun kita akan tentukan yang ter-manage dengan baik," katanya.

Dahlan berjanji akan mengurangi kuantitas rapat mencapai 50 persen dari biasanya. Menurut dia, padatnya jadwal rapat justru mengganggu kinerja perusahaan pelat merah. "Kita akan sepakati rapat mingguan di masing-masing BUMN harus ditentukan pada hari apa. Misal Selasa pukul 07.00 WIB sampai 10.00 WIB. Itu semua perusahaan wajib rapat," katanya.

Dahlan optimistis tidak terlalu kerepotan memimpin jabatan barunya selaku orang nomor satu di Kementerian BUMN. Pengalaman selaku Dirut PLN menjadi bekal berharga dalam memimpin.

"Saya belajar di BUMN makanya saya akan dorong BUMN berani lakukan aksi korporasi, Kementerian BUMN tidak akan jadikan mereka instansi di bawah BUMN, tapi korporasi di bawah BUMN," jelasnya. (Yudho Winarto/Kontan)

Sumber : Kontan-Kompas, 20.10.11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar