03 Januari 2014

[030114.ID.BIZ] April 2014, Semua Stasiun Besar Bisa Layani Cetak Tiket Sendiri

Bisnis.com, SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia meningkatkan pelayanan kepada calon penumpang melalui peresmian fasilitas mencetak tiket sendiri.

Layanan itu merupakan sistem rintisan yang diselenggarakan pertama kali di Stasiun Tawang, Semarang dan selanjutnya akan diterapkan secara paralel ke beberapa stasiun kereta api.

Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito menyatakan layanan itu disediakan di stasiun besar seperti Tawang, Lempuyangan dan Tugu Yogyakarta, Bandung, Gambir Jakarta juga Pasar Turi Surabaya.

"Layanan merupakan dukungan khususnya antisipasi angkutan Lebaran 2014. April nanti semua stasiun besar diharapkan sudah memiliki fasilitas cetak tiket sendiri," katanya seusai meresmikan layanan customer service dan tiket baru, Sabtu (28/12/2013).

Sistem cetak tiket mandiri, ujarnya, akan mempermudah calon penumpang mendapatkan tiket tanpa perlu mengantri di loket. Calon penumpang memasukkan kode pemesanan tiket, nomor identitas dan nama stasiun keberangkatan sesuai struk atau notifikasi pembayaran tiket ke dalam komputer.

"Setelah semua data lengkap dimasukkan, tiket resmi sudah langsung tercetak. Intinya mempermudah pelanggan," tuturnya.

Kepala PT KAI Daop 4 Semarang Totok Suryono berharap penerapan konter tiket dan customer service segera diberlakukan juga di Stasiun Poncol, Semarang.

"Kalau sesuai rencana, semoga 2 bulan lagi dibuat di Poncol, persiapanya tidak lama, yang di Tawang hanya 3 minggu sudah jadi," ujarnya.

Pembangunan loket tiket itu ditujukan bagi peningkatan pelayanan kepada pelanggan melalui perubahan peningkatan pelayanan tanpa membedakan calon penumpang kelas ekonomi, bisnis maupun eksekutif.

"Ada juga mobile customer service untuk mendekatkan KAI dengan pelanggan, terutama yang membutuhkan informasi dan pelayanan sehingga tidak perlu datang antre ke loket."

Layanan pelanggan beroperasi pukul 07.00-21.00 WIB, sedangkan loket tiket berlaku 24 jam. Saat ini, pembelian tiket untuk semua kelas dapat melalui pusat kontak 121, Android, Blackberry, internet, Indomaret, Alfamart juga kantor pos. Untuk pembayaran pemesanan tiket KA antara lain di Bank BNI, dan BCA.


Sumber : Bisnis Indonesia, 29.12.13.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar