14 Januari 2014

[140114.ID.BIZ] KM Bangka Terbalik, Pelindo II Bantu Percepat Evakuasi

Bisnis.com, JAKARTA - Manajemen Pelindo II/IPC membantu mempercepat penanganan dan memercayakan sepenuhnya evakuasi terbaliknya KM.Bangka Jaya Line (BJL-1) di Pelabuhan Tanjung Priok kepada Kantor Syahbandar Pelabuhan.

General Manager Pelindo II Tanjung Priok, Ari Henryanto pihaknya berupaya agar kegiatan jasa kepelabuhanan lainnya tidak terganggu atas insiden tersebut.

"Kami sangat prihatin atas kejadian ini, menjadi pelajaran yang baik bagi kita semua untuk lebih meningkatkan kehati hatian terutama terkait dengan keselamatan baik saat di dermaga maupun saat berlayar," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (14/1/2014).

Dia mengatakan, untuk mempercepat penanganan kejadian, manajemen pelabuhan Tanjung Priok sangat men-support untuk pelaksanaan tugas dari kantor syahbandar tersebut, termasuk menyiapkan peralatan dan segala sesuatu yang dibutuhkan.

Kendati begitu, kata dia, dalam rangka penanggulangan terkait dengan faktor keselamatan di perairan dan pelabuhan, tehnis sepenuhnya penanganan KM BJL-1 yang terbalik di pelabuhan Priok itu dipercayakan kepada pemerintah terutama kantor Syahbandar Pelabuhan Priok.

"Diharapkan dapat diatasi atau dinormalkan kembai secepatnya sehingga tidak mengganggu pelayanan kapal berikutnya.Kami juga mengucapkan terima kasih kepada tim yang telah bekerja keras untuk penanganan KM.BJL-1 tersebut,baik yg langsung maupun tidak langsung," tuturnya.

Kapal BJL-1 milik perusahaan pelayaran PT. Bangka Beltung Jaya Line yang sandar di dermaga penumpang Pelabuhan Tanjung Priok menjelang keberangkatannya pada pukul 02.45 Wib miring dan terbalik ke kiri dalam keadaan terapung di sisi dermaga, pada Selasa dini hari (14/1/2014).

Kapal dengan bobot 2.555 GT, trayek Tanjung Priok – Pangkal Balam (Belitung) bersiap untuk berangkat. Namun kapal mengalami kemiringan dan nyaris tenggelam. Proses miring sampai terbalik terbilang cepat. Pihak awak kapal mengetahui kapal mulai miring pada pukul 02.45 Wib dan sampai pada posisi terbalik 90 derajat pada pukul 03.05 WIB, hari ini.


Sumber : Bisnis Indonesia, 14.01.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar