30 Januari 2014

[300114.ID.BIZ] Ini 11 Tips Gunakan Google Search Agar Lebih Maksimal

Bisnis.com, JAKARTA - Pihak Google Indonesia melengkapi fitur-fitur Google Search untuk memenuhi kebutuhan para profesional yang sibuk di Tanah Air, agar tetap terhubung dengan orang-orang dan informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat.

Amy Kunrojpanya, Head of Communications & Public Affairs Indonesia & Greater Mekong Google, mempresentasikan fitur baru yang menvirtualkan berbagai kebutuhan para profesional pada acara Google Café Search di Patio Café, Rabu siang (29/1/2014).

Google selama ini dikenal sebagai kunci ke semua informasi di Internet, sekarang telah berevolusi menjadi asisten pribadi ideal yang pintar dan cerdik. Google bisa memberikan apa yang Anda cari, bahkan kadang-kadang sebelum Anda tanyakan.

Ada 11 tips memanfaatkan Google untuk membantu dalam tugas sehari-hari atau pun mencari informasi di jaring Internet.

1. Dari pada diketik, langsung tanya saja.
Dari pada sibuk mengetik pertanyaan pada keyboard di layar yang sempit, sekarang bila ada yang ingin ditanyakan ke Google, Anda bisa menekan tombol icon mikrofon dan bertanya. Pastikan kalau bertanya dalam bahasa Indonesia, handphone Anda sudah di-set ke Bahasa Indonesia di Search settings yang ada di sudut kanan bawah.

2. Stay on top of the score.
Untuk penggemar bola, dapatkan update skor terkini hanya dengan memasukan nama tim. Misalnya Manchester United. Langsung mendapatkan skor terakhir. Google bahkan akan langsung menampilkan jadwal pertandingan berikutnya, dalam zona waktu Anda.

3. Selalu ter-update dengan berita Google
Headline terbaru setiap harinya bisa didapatkan dengan memilih tab ‘Berita’ pada halaman hasil pencarian. Anda bisa terus memantau berita dengan topik favorid Anda, dari sumber berita atau blog yang Anda inginkan. Berita yang ditampilkan bisa dibatasi mulai satu tahun terakhir, hari ini atau beberapa jam terakhir saja. Dan juga bisa dibatasi pencarian dari sumber berita dari Indonesia saja.

4. Perlu Visual bisa ditanyakankan ke Google.
Kadang-kadang bantuan visual membuat semua lebih jelas. Untuk membantu yang tidak jelas. Saat ingin berolahraga sendiri di rumah, Anda bisa mendapatkan inspirasi dengan mencari di Google. Tutorial dari para ahlinya bisa langsung dinikmati di smartphone atau tablet.

5. Dapatkan informasi yang dibutuhkan, tanpa perlu bertanya. Google Now, adalah fitur dalam aplikasi Google search untuk Anroid dan iOS yang bisa menampilkan informasi yang relevan untuk Anda sebelum bertanya. Misalnya, saat ingin pergi ke kantor Anda akan mendapatkan kartu berisi perkiraan waktu yang diperlukan untuk mencapai kantor, memberikan notifikasi bila penerbangan Anda di delay, informasi restoran terdekat yang harus dicoba. Set lokasi rumah dan kantor Anda pada settings Google Now untuk mendapatkan hasil terbaik.

6. Cari dengan efisien. Untuk mencari yang spesifik. Misalnya mencari file dalam bentuk pdf. Caranya Anda mengetik filetype: PDF diikuti dengan kata yang ingin dicari. Atau mencari resep lasagna tanpa susu. Ketik resep lasagna-susu.

7. Konversi suhu dan mata uang

8. Set timer dan alarm.

9. Apa ya nama benda ini?. Untuk mengetahui nama benda.

10. Klik dan langsung telepon restoran atau toko

11. Eksplorasi lebih jauh dengan Knowledge Graph.
Misalnya mencari informasi tentang Tokyo. Mialnya, ketik dan Anda langsung melihat sekilas informasi mengenai kota tersebut di panel sebelah kanan layar. Untuk mengeksplorasi lebih jauh, klik ‘related searched’ dan Anda akan melihat rangkaian foto-foto tempat-tempat wisata menarik di Tokyo.

Sumber : Bisnis Indonesia, 30.01.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar