05 Januari 2014

[050114.ID.BIZ] Wow, Tanggul Raksasa di Jakarta Rp 600 Triliun Berbentuk Garuda

Jakarta - Proyek tanggul raksasa atau giant sea wall akan dimulai pada 2014 dan diharapkan selesai pada tahun 2022. Proyek tersebut berlokasi di bagian utara Jakarta, dan nantinya akan berbentuk burung Garuda.

"Desainnya nanti seperti burung garuda. Itu dibagian utaranya Jakarta," ungkap Deputi Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Deddy S. Priatna di kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (24/12/2013)

Proyek ini akan memakan anggaran sebesar Rp 600 triliun. Ini diharapkan investor swasta dapat mengambil peran dalam proyek ini melalui skema kerjasama pemerintah swasta (KPS). Pihak pemerintah pusat sebagai inisiator mega proyek ini.

"Menurut perhitungan kita, jadi dibiayai swasta hampir 100%. Tapi pemerintah harus dorong, awal bersamaan nanti ditenderkan," ujarnya.

Kapasitas dari tanggul ini adalah 1,2 miliar kubik atau jauh lebih besar dibandingkan dengan Waduk Jatiluhur, di Purwakarta Jawa Barat. Menurut Dedy akan membantu penanganan air bersih di ibu kota.

"Ini bagus sekali untuk mengatasi banjir dan air bersih juga," ujarnya.

Ia mengatakan kota metropolitan seperti Jakarta, hanya mengolah 2,7% air limbah. Sementara kota seperti Singapura, Malaysia dan Vietnam sudah di atas 50%.

"Kan sayang sekali. Masa Kota Jakarta nggak ada pengolahan air bersih," katanya.


Sumber : detikFinance, 24.12.13.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar