14 September 2015

[140915.ID.BIZ] PPI & Pelni Siap Tekan Disparitas Harga Antar Wilayah

Bisnis.com. JAKARTA - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) melakukan sinergi dalam mengangkut bahan pokok, yaitu gula pasir ke wilayah timur Indonesia. Selain gula,  PPI juga memanfaatkan kerjasama ini untuk mengangkut komoditi-komiditi hortikultura khas Indonesia dari daerah-daerah yang selanjutnya komoditi tersebut di ekspor oleh PPI  ke Negara-negara Asean dan Eropa.

Direktur Utama PT PPI Dayu Padmara Rengganis menuturkan perbandingan harga antara wilayah barat dan timur sangat tinggi. Untuk gula, di Jawa dibanderol dengan harga Rp13.000-Rp14.000, sedangkan di timur Indonesia bisa mencapai Rp18.000.

"BUMN, selain mencari untung, dia juga harus menjadi agent of development supaya menjadi agen perubahan di masyarakat yang ditangani," katanyausai Acara Penandatanganan MoU Sinergitas BUMN PPI danPelni, di KM Kelud, Terminal Penumpang PelabuhanTanjung Priok, Jakarta, Jumat (11/9/2015).

Direktur PT Pelni Elfien Goentoro mengatakan distribusi pengangkutan barang itu akan dilakukan melalui konsep tol laut dengan enam kapal barang.

Dia mengatakan keenam unit kapal itu secara reguler di wilayah timur.Kapal itu rencananya berukuran 250 TEUs sampai 600 TEUs dengan pencana pembelian menunggu cairnya penyertaan modal negara dari pemerintah.

"Nunggu PMN, setelah itu baru kita bisa pakai kapal kita sendiri," ujarnya.


Sumber : Bisnis Indonesia, 14.09.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar