07 Juli 2016

[070716.ID.BIZ] Emtek dan BlackBerry Resmi Bermitra

JAKARTA. Blackberry Limited mengumumkan sebuah kerja sama strategis dengan PT Elang Mahkota Tecnology Tbk (Emtek Group).

Kedua perseroran akan menyediakan layanan lintas platform pengguna Black Berry Messenger (BBM) dengan akses yang diperkaya dengan isi dan layanan. Di antaranya mengembangkan aplikasi baru untuk Android, iOS, dan Windows Phone.

Sebagai catatan, Emtek Group sendiri, saat ini membawahi PT. Surya Citra Mandiri (SCTV) Indosiar dan O-Channel.

Untuk memperkuat rencana tersebut, KMK Online sebagai divisi konten digital Emtek, berencana mendirikan kantor di Toronto, Kanada. Tujuannya untuk bekerja sama dengan BlackBerry.

Untuk diketahui, KMK Online memiliki jangkauan luas dalam aset-aset media. Nantinya akan dikombinasikan dengan lebih dari 20 perusahaan dan berbagai investasi Emtek untuk menciptakan layanan dan pertambahan nilai yang signifikan bagi BBM.

Investasi tersebut mencakup siaran televisi, situs dan aset web, produksi konten, dan para artis seniman. Dengan demikian, para pengguna akan memiliki akses ke sejumlah besar konten.

Di antaranya seperti, free-to-air (FTA), platform video online terkemuka, tiga rumah produksi eksklusif, perpustakaan yang mencakup lebih dari 100 ribu jam konten TV dan konten premium lain.

Kerja sama antar keduanya itu dalam bentuk perjanjian lisensi software dan hak kekayaan intelektual Black Berry Messanger.

Black Berry juga akan memperpanjang ekosistem mobilitas terbuka dengan membuat program aplikasi antarmuka BBM atau biasa disebut aplication program interface (API). Aplikasi tersebut tersedia untuk Emtek guna mempercepat pertumbuhan mitra dan penyedia layanan.

”Pengguna BBM kami adalah mereka yang benar-benar menghargai BBM sebagai cara terbaik untuk berbagi dan terhubung satu sama lain,” kata CEO BlackBerry John Chen dalam keterangan tertulisnya.

Pihaknya mengungkapkan akan terus menawarkan kepada pengguna BBM tentang konten dan layanan baru yang dimiliki. Diantaranya seperti e-commerce, video, musik, dan permainan.

Sementara itu, CEO Emtek Alvin Sariaatmadja mengungkapkan bahwa kemitraan melalui perjanjian lisensi tersebut dilakukan untuk mempercepat visi BlackBerry. Yakni, ingin memajukan BBM untuk pasar konsumen.

Dengan adanya perjanjian tersebut memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi dan berbagai layanan baru BBM untuk pangsa pasar Android, iOS, dan Windows Phone.

Sumber : Kontan, 28.06.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar