08 Juli 2016

[080716.ID.BIZ] Pelni Siapkan 26 Kapal Motor Untuk Arus Mudik

JAKARTA. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) persero sudah menyiapkan 26 kapal motor (KM) untuk menampung para pemudik yang ingin balik ke kota mata pencahariannya.

Manajer Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan PT Pelni (Persero) mengatakan untuk menghadapi arus balik Pelni cabang Semarang sudah menyiapkan tiga KM dengan tujuan Kalimantan Barat, Tengah dan Kalimantan Selatan.

"Kapal motor yang disiapkan yakni KM. Binaiya menuju Batulicin yang akan berangkat pada Minggu, KM. Lawit tujuan Pontianak diberangkatkan Senin dan KM. Kelimutu ke Karimunjawa yang akan diberangkatkan Sabtu dini hari," kata Akhmad dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (8/7).

Lanjut Akhmad untuk cabang Surabaya, Pelni juga sudah menyiapkan empat kapal motor yakni KM. Egon dengan tujuan Kumai yang akan berangkat pada Sabtu besok.

KM. Egon dengan tujuan Sampit dan KM. Nggapulu ke Balikpapan yang akan berangkat pada Senin (11/7). Kemudian Km. Kalimutu dengan tujuan Sampit yang akan berangkat pada Rabu (13/7). Dan KM. Bukit Rayan tujuan Pontianak yang akan diberangkatkan pada Kamis (14/7).

"Penumpang yang akan balik ke tempat asal kebanyakan dari semarang, Surabaya, Bima, dan Medan," imbuhnya.

Sementara itu, Pelni juga menyediakan Km. Kelimutu rute Semarang-Karimun Jawa yang melayani para pemudik untuk berwisata ke pulau Karimun Jawa.

"Selain melayani wisatawan KM. Kelimutu juga melayani penumpang umum warga Karimunjawa dan Semarang untuk mobilitas warga dari dan ke Jawa-Karimunjawa.  Kedua pulau tersebut kini makin mudah dijangkau dengan Kapal Pelni yang cukup besar," pungkasnya.

Sumber : Kontan, 08.06.16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar