17 Juli 2016

[170716.ID.BIZ] Pokemon Go Munculkan Peluang Usaha Baru

Jakarta- Demam game Pokemon Go memunculkan peluang usaha baru. Salah satunya jasa transportasi yang ditawarkan kepada para Pokemon hunter sehingga bisa berkeliling kota Jakarta untuk berburu Pokemon.

OLX.co.id mencatat dalam beberapa hari sejak Pokemon Go menjadi tren di Indonesia, banyak iklan yang berhubungan dengan Pokemon, di antaranya jasa transportasi untuk para Pokemon hunter. Beberapa iklan yang terpasang di OLX.co.id berasal dari Deli Serdang, Depok, Semarang, Bogor, Surabaya, Bandung, Makasar, dan mayoritas dari Jakarta.

“Biasanya kami menerima iklan-iklan seputar otomotif, gadget, atau perlengkapan rumah tangga. Tetapi kali ini, kami menerima iklan jasa transportasi untuk menangkap Pokemon,” kata Chief Marketing Officer OLX Indonesia, Edward Kilian, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/7).

Hal ini kata dia membuktikan kemampuan luar biasa masyarakat Indonesia untuk menangkap peluang usaha baru. Awalnya, para pengiklan jasa transportasi ini salah satu di antara Pokemon hunter. Mereka ikut merasakan bermain Pokemon Go. Lalu mereka mencoba peluang usaha jasa transportasi.

Selain jasa transportasi, pengiklan di OLX ada yang menjual Coin Pokemon Go. “Koin ini bisa digunakan untuk naik level,” ujar Emil, salah satu pengiklan jasa penjualan Coin Pokemon Go. Ia melihat banyak orang yang ingin naik level dalam permainan ini, namun tidak memiliki koin. Untuk itu, Emil menjual Coin-nya melalui OLX.co.id.

Para penjual jasa trasnpostasi Pokemon Go mengaku bahwa beberapa telepon mulai masuk sejak mereka memasang iklannya di situs OLX. Mayoritas penelepon melakukan booking jadwal untuk berburu Pokemon. Umumnya, waktu yang dipilih untuk berburu adalah sore hari, setelah jam kantor usai.

Di Jakarta, kawasan Kelapa Gading termasuk daerah yang menunjukkan antusiasme tinggi terhadap permainan Pokemon Go. Hal ini dicatat oleh penjual jasa transportasi Pokemon hunting. “Di situ, antusiasmenya sangat tinggi. Sudah terdapat beberapa titik pertemuan Pokemon Go yang ramai dikunjungi. Umumnya di tempat ramai seperti pusat perbelanjaan atau taman kota,” ujar Wisnubroto yang memanfaatkan mobil milikinya untuk menawarkan jasa transportasi bagi para Pokemon hunter.

Wilayah lain yang memiliki antusiasme cukup tinggi adalah Mampang, Jakarat Selatan. Selain di Jakarta, Pokemon Go juga mewabah di Bandung dan Makasar.

Harga yang ditawarkan untuk jasa transportasi Pokemon hunting bervariasi. Wisnubroto menawarkan Rp 100.000 untuk satu jam berkeliling dengan menggunakan mobilnya. “Ini bisa digunakan beramai-ramai. Jadi, semakin banyak teman yang diajak untuk berburu Pokemon, harga yang harus dibayar per orang akan lebih murah,” ujarnya.

Lain lagi dengan salah satu penjual jasa transportasi Pokemon Go. Pegawai di sebuah rumah sakit swasta di Jakarta ini menawarkan harga Rp 50.000 per jam untuk jasanya. Dengan harga itu, Abay akan mengantar para Pokemon hunter berkeliling Jakarta menggunakan motornya.

Di Bandung, Rudy Priyanto memberikan harga Rp 35.000 per jam untuk para Pokemon hunter. Ia juga menyediakan powerbank agar para Pokemon hunter bisa memanfaatkannya selama berkeliling bersamanya dengan menggunakan motor.


Sumber : BeritaSatu, 17.07.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar