10 Juli 2016

[100716.ID.BIZ] Tak Ekspansi, OKAS Patok Capex US$ 2 Juta

JAKARTA. PT Ancora Indonesia Resource Tbk (OKAS), belum berencana untuk ekspansi atau menambah aset tahun ini. produsen bahan peledak dan jasa kontraktor migas menganggarkan dana belanja modal (capex) sama seperti tahun lalu.

President Director Ancora Indonesia Resource Tbk Charles D Gobel mengatakan, perusahaannya belum berkeinginan ekspansi tahun ini. Anggaran belanja modal masih sama seperti tahun lalu sebesar US$ 2 juta yang akan dipergunakan untuk biaya maintenance normal.

"Khususnya untuk perbaikan pabrik dan mesin-mesin PT Multi Nitortama Kimia (MNK) II atau pabrik emulsi," kata Charles kepada KONTAN, Minggu (10/7).

Lesunya bisnis tambang dan migas membuat permintaan bahan peledak atau jasa pengeboran semakin menciut. Makanya perusahaan tidak ada niatan untuk meningkatkan kapasitas produksi pada tahun ini.

Asal tahu saja melalui anak usaha PT Multi Nitrotama Kimia (MNK), Ancora memproduksi senyawa Ammonium nitrat dan asam nitrat yang biasa digunakan untuk bahan peledak. MNK memiliki pabrik ammonium nitrat di Cikampek, Jawa Barat dengan kapasitas produksi mencapai 140.000 ton pertahun.

Charles menjelaskan dari tahun lalu utilisasi produksi ammonium nitrat juga belum mencapai setengah dari kapasitas terpasang, mencapai 63.651 ton. Untuk tahun ini juga diprediksi penjualan serta utilisasi produksi masih sama seperti tahun 2015 lalu. "Penjualan dari PT MNK kita prediksi juga masih stagnan," kata Charles.

Sumber : Kontan, 10.07.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar