08 Juli 2012

[080712.ID.BIZ] Ancaman Buta Internet : Jangan Anggap Sepele, Lakukan Antisipasi


JAKARTA - Meski Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring menganggap informasi tentang ancaman "Buta Internet" --banyak disebut sebagai Kiamat Internet-- adalah isu isapan jempol belaka, tetapi sesungguhnya informasi itu adalah risiko yang riil.

Ini adalah dampak dari keputusan FBI untuk mematikan DNS tertentu yang terkena serangan DNS-Changer Malware. Namun memang  tidak semua komputer pasti terkena, hanya yang memiliki sistem operasi tertentu dan yang kemungkinan DNS yang dipakai saat mengakses internet selama ini sudah terinfeksi.

Bagi pelanggan First Media, sejak hari ini, Minggu (8 Juli) sudah mendapatkan pemberitahuan melalui email untuk mengecek kemungkinan terkena dampak dari tindakan  shut down DNS tertentu oleh FBI tersebut.

Berikut pesannya:

"Pelanggan Yth,

Dalam kesempatan ini First Media ingin memberikan informasi sehubungan dengan DNS Changer Malware/ Virus. Mulai hari Senin, 9 Juli 2012 mendatang, pengguna Internet yang perangkat komputer-nya terinfeksi DNS Changer Malware mungkin akan mengalami kesulitan mengakses situs-situs Internet.

Untuk memastikan perangkat komputer Anda tidak terinfeksi Malware ini, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:


    Pastikan perangkat komputer Anda selalu terlindung dengan Anti Virus yang selalu ter-update
    Lakukan pengecekan melalui situs http://www.dns-ok.us/

a. Jika hasil pengecekan DNS Resolution = Green, maka perangkat komputer Anda bebas dari DNS Changer Malware
b. Jika hasil pengecekan DNS Resulution = Red, ikutilah langkah-langkah untuk mengatasi infeksi Malware ini di http://www.dcwg.org/fix/ "

Semoga komputer Anda aman.

Sumber : Bisnis Indonesia, 08.07.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar