19 Juli 2012

[190712.ID.BIZ] Proyek JSS : Dana VGF Biayai Jembatan Selat Sunda


JAKARTA: Pemerintah menyiapkan kemungkinan skema pemberian dana viability gap funding (VGF) untuk pembiayaan proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda sepanjang 30 kilometer. 

Pemberian dana VGF dilakukan menyusul hasil keputusan pemerintah menolak usulan Menteri Keuangan untuk merevisi Perpres No.86/2011 tentang pengembangan kawasan Selat Sunda. 

Wakil Menteri Pekerjaan Umum sekaligus Sekretaris Harian proyek JSS Hermanto Dardak mengatakan pemberian VGF diberikan dengan pertimbangan jika dalam hasil perhitungan pelaksanaan FS dananya meningkat dari kebutuhan sebelumnya. 

"Jika dalam perhitungan kebutuhan ada gap, maka solusinya bisa diberi VGF atau ditutupi dengan pengembangan kawasan. Saat ini belum diputuskan solusi mana yang akan dipilih," ujar Hermanto pada Bisnis Rabu, (18/07). 

Menurutnya, kemungkinan pemberian VGF karena mempertimbangkan usulan Menteri Keuangan yang meminta agar pembangunan jembatan selat sunda dipisah dengan rencana pengembangan kawasan strategis dan industri Selat Sunda (KSISS). 

Dia mengatakan keputusan pemberian VGF baru akan ditetapkan dua pekan kedepan oleh tim tujuh yang ditunjuk untuk mengkaji dan memutuskan kesepakatan atas usulan Menkeu tersebut.

Karena itu, katanya, besaran dana VGF yang mungkin diberikan dari APBN juga belum diketahui secara pasti, karena masih ada opsi untuk menutupi gap peningkatan kebutuha  proyek JSS itu, melalui pengembangan KSISS seperti yang telah disepakati. 

Hermanto menambahkan sebagai salah satu kementerian yang ditunjuk sebagai salah satu tim evaluasi, PU akan menyiapkan sejumlah langkah untuk mengevaluasi dan mempertajam rencana pembangunan proyek baik dari aspek FS maupun pembangunan fisiknya. (msb)

Sumber : Bisnis Indonesia, 18.07.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar