18 Juli 2012

[180712.ID.BIZ] Sertifikasi Transportasi : SDM Angkutan Pelabuhan Disertifikasi


JAKARTA: Kementerian Perhubungan mendorong  sertifikasi profesi SDM angkutan pelabuhan (Sopir Trailer) yang digagas Organda untuk mengantisipasi liberalisasi dan integrasi logistik Asean 2013.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan, Bobby R.Mamahit mengatakan sertifikasi SDM itu bisa saja diberikan sifatnya licensi khusus.

"Sebab, pengemudi angkutan pelabuhan itu perlu keterampilan khusus. Apalagi jika kargo yang diangkutnya juga khusus seperti kategori barang-barang berbahaya.Ini perlu perlu perlakuan khusus," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (18/7/2012).
 
Dia mengatakan hal itu menanggapi rencana Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan (Organda) Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) DKI Jakarta, akan melakukan sertifikasi Sopir angkutan pelabuhan untuk menjaga kompetensi dalam menghadapi integrasi dan liberalisasi logistik Asean 2013.

"Karena namanya licensi khusus jadi mesti ada prilaku yang diajarkan kepada dia (Sopir) terlebih dahulu,"ujar Bobby.

Dia mengatakan, pada prinsipnya pemerintah sangat mendorong setiap upaya perbaikan kualitas kompentensi SDM sektor transportasi, untuk mewujudkan kenyamanan dan keselamatan pelayanan di sektor ini.

Mewujudkan sistem transportasi yang baik , imbuh Bobby, merupakan komitmen pemerintah, termasuk soal peningkatan SDM-nya.

"Pemerintah yang menyiapkan  para tenaga pengajar yang memang kompetensi-nya di bidang itu (angkutan pelabuhan)," tuturnya.(msb)

Sumber : Bisnis Indonesia, 18.07.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar