29 Juli 2012

[290712.ID.BIZ] Konglomerasi : Li Ka-Shing Beli Saham Wales & West Utilities US$1 Miliar


HONG KONG: Li Ka-Shing, orang terkaya di Hong Kong, menggelontorkan dana sebesar 645 juta pound atau US$1 miliar untuk membeli saham Wales & West Utilities Ltd guna menambah portofolio bisnis utilitasnya di Inggris.

Cheung Kong Holdings Ltd., Cheung Kong Infrastructure Holdings Ltd., Power Assets Holdings Ltd. dan LKSFL yang dikendalikan Li pada hari ini (menyatakan akan membeli perusahaan tertutup tersebut. 

“Harganya cukup wajar mengingat operasional perseroan yang besar di wilayah tersebut. Menambah aset utilitas global adalah strategi pengembangan Cheung Kong Infrastructure dan mungkin mereka akan membeli lebih banyak lagi,” kata Evan Li, analis saham utilitas di Standard Chartered Plc.

Li telah menambah asetnya di Inggris menyusul menurunnya valuasi perseroan akibat kekhawatiran perekonomian global akan terus melambat. Grup yang dikendalikannya telah mengakuisisi Northumbrian Water Group Plc. senilai US$7,5 miliar pada 2011 dan Electricite de France SA senilai 5,8 miliar pound pada 2010. (03/Bloomberg/yus)

Sumber : Bisnis Indonesia, 25.07.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar