19 September 2012

[190912.ID.BIZ] Industri Makanan : Itochu Akuisisi Dua Unit Bisnis Dole Food


TOKYO: Itochu Corp. setujui membayar US$1,69 miliar secara tunai untuk dua unit bisnis Dole Food Co.— pemasok sayur dan buah segar terbesar dunia, dalam sebuah akuisisi terbesar di luar komoditas industrinya.

Itochu, yang merupakan rumah niaga terbesar ketiga Jepang, akan mengambil alih bisnis makanan berkemasan, dan bisnis produk segar Asia, yang mendatangkan pendapatan US$2,5 miliar pada tahun lalu, demikian pernyataan Dole seperti dikutip Bloomberg, Selasa (18/9/2012).

Perusahaan yang berbasis di Westlake Village, California itu juga menyatakan Itochu juga akan mendapatkan hak eksklusif atas merek dagang Dole untuk makanan berkemasan di seantero dunia, dan untuk produk segar di Asia, Australia, dan Selandia Baru.

Seiring dengan Dole yang menggunakan penjualan itu untuk mengikis utangnya, Itochu menambah panjang daftar perusahaan rumah niaga Jepang yang membeli aset makanan di luar negeri untuk menopang pasokan di Asia yang populasi dan kesejahteraannya meningkat.

Sebelumnya, Marubeni Corp. telah ditawari untuk membeli perusahaan dagang AS, Gavilon Group LLC, senilai US$5,6 juta pada Mei, adapun Mitsui & Co. mengambil kendali atas perusahaan Brasil Multigrain SA pada 2011.

“Rumah dagang Jepang akan memperkuat posisi mereka untuk mengantisipasi pertumbuhan di China dan sejumlah kawasan Asia, yang akan membutuhkan pasokan produk konsumsi,“ ujar Penn Bowers, analis pada CLSA Asia-Pacific Markets di Tokyo.

Itochu, perusahaan yang berbasis di Tokyo itu, akan melihat dalam beberapa dekade mendatang, dan mereka secara jelas memiliki sinergi dengan bisnis yang ada saat ini.

Itochu berencana untuk memaparkan informasi lebih banyak terkait dengan kesepakatan setelah menyelesaikan prosedur akuisisi. (Bloomberg/mfm/msb) (Foto: Reuters)

Sumber : Bisnis Indonesia, 18.09.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar