22 September 2012

[220912.ID.BIZ] Ekonomi SUMSEL : Sepi Muatan, Bongkar Muat Di Boom Baru Turun 15%


PALEMBANG: Aktivitas bongkar muat barang di terminal peti kemas dan konvensional Pelabuhan Boom Baru, Palembang, Sumsel, selama semester pertama 2012 (Januari - Juni) mengalami penurunan sekitar 15%.

"Penurunan aktivitas bongkar muat tersebut bukan karena alur pelayaran Sungai Musi terganggu musim kemarau, tetapi akibat gejolak ekonomi dunia," kata Advisor Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan/Humas PT Pelindo setempat Duskisyah di Palembang, Jumat (21/09).

Kondisi turunnya aktivitas bongkar muat yang berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan itu diprediksi pada semeter kedua akan tertutupi, karena tren bongkar muat sekarang ini perlahan mulai meningkat.

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya melakukan akspansi pelayanan kepelabuhan sehingga diharapkan target pendapatan hingga akhir 2012 ini bisa tercapai, kata dia.

Sementara mengenai aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Boom Baru pada musim kemarau ini, secara umum berjalan cukup lancar, karena alur pelayaran Sungai Musi masih bisa dilalui kapal-kapal besar.

"Air Sungai Musi pada musim kemarau ini mengalami penyusutan satu hingga tiga meter namun kapal-kapal yang akan melakukan bongkar muat tetap bisa masuk dengan dipandu petugas Pelindo serta dapat dilayani dengan baik seperti biasanya," ujar Duskisyah.

Kondisi tersebut diharapkan bisa tetap bertahan sehingga pengiriman dan pasokan berbagai barang kebutuhan masyarakat Palembang dan sekitarnya tidak terhalang oleh musim kemarau. (Antara/Bsi)

Sumber : Bisnis Indonesia, 21.09.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar