25 September 2012

[250912.ID.AIR] Maskapai Baru : Indonesia Air Transport Akan Beroperasi November 2012



JAKARTA: PT Indonesia Air Transport Tbk bersiap menjadi maskapai penerbangan regular dengan layanan medium yang akan beroperasi mulai November 2012.

Maskapai Indonesia Air Transport atau IATA ini tengah mengajukan revisi Surat Izin Usaha Penerbangan (SIUP) ke Kementerian Perhubungan.

“Kita masih menunggu persetujuan revisi SIUP dari Kemenhub, ditargetkan selesai dalam waktu dekat ini," kata Chief Executive Officer IATA Syafril Nasution Jakarta, Kamis (20/9).

Saat ini revisi SIUP maskapainya masih proses pengecekan oleh Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Setelah revisi SIUP tersebut rampung, lanjut Syafril, maskapai penerbangan IATA regular akan segera dioperasikan pada November 2012

Dia menjelaskan nantinya IATA menjadi maskapai niaga berjadwal kelas ekonomi premium, yakni menyediakan kursi untuk dua jenis yaitu las bisnis dan ekonomi.

Syafril menambahkan IATA akan menjadikan Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, sebagai hub penerbangan atau bandara pengumpan menuju rute penerbangan lain ke wilayah barat Indonesia.

Dipilihnya bandara Bandung, imbuhnya, karena kapasitas penumpang dan pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah melebihi kapasitas yang ada. 

“Untuk itu kami memindahkan hub ke Bandara Husein Sastranegara, nantinya akan ada delapan penerbangan perharinya dari bandara tersebut,” jelas Syafril.

Dia juga menambahkan dari Bandung rute penerbangan yang akan dilayani maskapainya yaitu menuju Solo, Yogyakarta, Denpasar dan Balikpapan, selain itu IATA juga membidik rute menuju Medan, Padang, Batam, Makassar dan Balikpapan.

Untuk pengembangan usaha penerbangan berjadwal medium services dari Bandung ini, lanjut Syafril, perusahaannya akan menggunakan armada Airbus A319 dan A320 dengan kapasitas kursi 140 hingga 160 seat (tempat duduk) kelas ekonomi dan bisnis.(api)

Sumber : Bisnis Indonesia, 20.09.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar