30 November 2012

[301112.ID.BIZ] Ekonomi Perancis : Hollande Minta Lakshmi Mittal Selamatkan 600 Karyawannya


PARIS-Presiden Prancis Francois Hollande menawarkan sejumlah opsi kepada CEO ArcelorMittal Lakshmi Mittal untuk menyelamatkan karyawan yang bekerja di pabrik milik produsen baja terbesar di dunia itu di Prancis.

Salah satu opsinya adalah nasionalisasi. Hollande menemui Mittal selama 4 jam di Paris pada Selasa (27/11) dan meminta orang terkaya ketujuh di dunia versi Forbes itu untuk tetap membahas masa depan pabrik tersebut dengan Pemerintah Prancis.

Mittal diberi opsi mencari calon pembeli atas pabrik tersebut atau membiarkan pemerintah Prancis mengakuisisinya. “Kami ingin memastikan keberlangsungan operasional di pabrik tersebut. Kami juga membahas opsi nasionalisasi,” katanya.

Menteri Perindustrian Prancis Arnaund Montebourg memicu kehebohan dengan mewacanakan nasionalisasi pabrik tersebut. “Kami sudah tidak menginginkan Mittal di Prancis,” kata Montebourg seperti dikutip harian Les Echoes (26/11).

ArcelorMittal ingin menutup pabriknya dan memecat 600 karyawannya karena anjloknya kinerja industri baja tahun ini. Namun, keluarga Mittal, sebagaimana yang dilansir Le Monde, mengaku kaget dengan komentar Montebourg.

Sementara itu Wali Kota London Boris Johnson mengatakan Mittal dapat meningkatkan investasinya di Inggris.  “Jika Prancis tidak menginginkan Anda, Inggris menginginkan Anda,” katanya seperti yang dikutip the Telegraph. (Bloomberg/03/yus)

Sumber : Bisnis Indonesia, 28.11.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar