05 September 2013

[050913.ID.SEA] Vierlines Indonesia Beli 5 Kapal Semen Rp1,35 Triliun

Bisnis.com, KUALA LUMPUR - PT Vierlines Indonesia, anak usaha Vierlines Asia  Group Sdn Bhd, menandatanganimemorandum of understanding (MoU) pembelian 5 unit kapal semen baru (cement carrier) dengan Otto Marine Singapore Pte. Ltd. di Kuala Lumpur, Kamis (5/9).

Untuk pembelian 5 unit kapal semen baru ini, Vierlines Asia Group sebagai induk usaha mengucurkan investasi sebesar US$125 juta atau Rp1,35 triliun.

Lima kapal semen dengan sistem unloading otomatis ini memiliki daya angkut sebesar 8.500-15.000 ton.
Pendiri Vierlines Asia Group, Vier Abdul Jamal Bin Abdullah, mengungkapkan aksi korporasi Vierlines Indonesia tersebut didasari oleh makin meningkatnya produksi dan konsumsi semen di Indonesia dan negara ASEAN.

"Khusus bagi Indonesia, separuh dari 55 juta ton produksi semen nasional diangkut antar pulau dalam bentuk curah. Ini jelas memerlukan kapal khusus," kata Vier Abdul Jamal, di sela-sela penandatanganan MoU di Mandarin Hotel  Kuala Lumpur hari ini, Kamis (5/9/2013).

Vierlines Indonesia yang berdiri pada 2010 mengoperasikan dua kapal semen. Vierlines sendiri sejak 2011 hingga saat ini telah melayani pengangkutan semen curah untuk PT Semen Padang dengan area operasional di Aceh, Dumai, Belawan, Batam dan Jakarta.

Sementara itu, Vierlines telah membentuk perusahaan patungan dengan PT Pelayaran Transpeninsular pada Agustus 2013.

Dalam usaha patungan itu, PT Pelayaran Transpeninsular akan mengoperasikan 7 kapal ferry (fast ferry) yang nantinya akan difokuskan untuk pengakutan penumpang antar pulau di wilayah-wilayah tujuan wisata seperti Karimun, Batam, Johor, Sorong dan Raja Ampat.


Sumber : Bisnis Indonesia, 05.09.13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar