20 September 2013

[200913.ID.SEA] Bangkai Costa Concordia Segera Diangkat

TEMPO.CORoma - Operasi untuk meminggirkan bangkai kapal pesiar mewah yang tenggelam di Italia, Costa Condordia, dimulai. Operasi ini sempat tertunda selama dua jam karena badai.

Mendirikan lagi kapal yang mengapung dalam posisi miring ini diperkirakan memakan waktu hingga 12 jam. 32 orang tewas ketika kapal itu mengalami kecelakaan setelah menabrak batu karang.

Otoritas Perlindungan Sipil Italia mengatakan, kondisi laut dan cuaca tepat untuk dilakukan upaya pengangkatan. Badai semalam sedikit mengganggu posisi kapal yang membawa peralatan penyelamatan.
Sergio Girotto, seorang insinyur yang bekerja pada proyek ini, kepada wartawan menyatakan bahwa operasi akan dilakukan seperti yang direncanakan. "Semuanya berjalan sesuai rencana. Kita mengikuti semua urutan yang direncanakan, tidak ada masalah sama sekali," katanya.

Insiden tenggelamnya kapal yang mengangkut wisatawan ini terjadi di lepas Pulau Tuscan Giglio pada Januari 2012. Kapal tetep berada di lokasi insiden sejak saat itu. Pekerja hanya melampirkan rantai logam raksasa dan kabel ke kapal, yang beratnya lebih dari 114.000 ton dan panjang kurang dari tiga lapangan sepak bola, untuk mencegahnya terbawa ombak ke tengah lautan.

Lima orang awal kapal telah dijatuhi hukuman akibat kelalaiannya, sebagian dengan dakwaan pembunuhan. Pengadilan atas kapten kapal, Francesco Schettino, masih berlangsung hingga saat ini. Dia diadili dengan tuduhan pembunuhan dan melarikan diri dari kapal.

Sumber : Tempo, 16.09.13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar