09 September 2013

[090913.ID.BIZ] Pemerintah Rangkul Google untuk Pemasaran UKM

Bisnis.com, BADUNG - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan menggandeng Google untuk memperluas adopsi teknologi informasi oleh pelaku bisnis mikro dan menengah di Indonesia.

“Kami akan melakukan capacity building untuk UKM, dana pemerintahkan terbatas dengan bantuan Google akan mempercepat adopsi TI,” ujar Deputi Bidang Pengkajian Sumber Daya KUKM Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta seusai diskusi Micro-multinationals: SMEs Go Global di Nusa Dua Bali Kabupaten Badung hari ini, Kamis (5/9/2013).

Dia menyebutkan pemerintah akan mendorong adopsi berbagai produk Google oleh UKM di Indonesia.
Wayan mengatakan Google memiliki berbagai produk yang dapat menunjang perkembangan UKM di Tanah Air namun justru belum banyak diketahui dan dimanfaatkan.

Menurutnya Kementerian Koperasi dan UKM telah menggelar pelatihan TI untuk UKM di berbagai daerah melalui rangkaian program one village one product (OVOP). “Tahun ini ada 73 lokasi OVOP, tahun depan kami harapkan menjadi 100, secara clustering [produk] saat ini juga sudah ada 1.096,” katanya.

Dia tidak menampik kerja sama dengan perusahaan teknologi adalah salah satu cara jitu untuk meningkatkan adopsi TI di kalangan UKM Tanah Air. Pada Maret lalu, Kementerian Koperasi dan UKM juga mendukung program YouthSpark yang digelar Microsoft di Indonesia. Program tersebut berisi rangkaian kegiatan antara lain Imagine Cup, Microsoft Innovation Center (MIC), Microsoft User Group Indonesia, Student to Business, BizPark dan Microsoft Learning.

Wayan menyebutkan pihaknya juga bakal melanjutkan program bantuan dana hibah bagi calon wirausaha yang dinilai memiliki proposal bisnis prospektif. Dia mengatakan saat ini Kementerian sudah menyalurkan dana hingga Rp35 miliar untuk program tersebut. “Tahun depan juga akan ada lagi, kemungkinan dananya ditambah,” katanya.


Sumber : Bisnis Indonesia, 05.09.13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar